4 Rekomendasi Animasi Islami Terbaik Untuk Anak-anak

4 Rekomendasi Animasi Islami Terbaik Untuk Anak-anak

Mengenalkan anak dengan agama merupakan salah satu amanah yang harus orangtua lakukan. Pendidikan agama kepada anak bisa kita berikan sejak dini, yakni dari sang anak didalam kandungan dengan memperdengarkannya bacaan-bacaan Al-Qur'an dan mengajaknya berbicara mengenai nikmat-nikmat Allah SWT. Nah, jika anak sudah menginjak usia di atas dua tahun. Orangtua bisa mengajarkan agama kepada anak  dengan berbagai cara yang mengasyikkan, salah satunya ialah dengan memberikan anak tontonan yang memiliki nilai keagamaan. Sehingga, dalam kehidupannya anak mudah menerapkan ajaran agama islam. Pemaparan edukasi islami melalui serial animasi diyakini lebih mudah diterima dibanding dengan mengajari anak dengan teori saja. Nah, berikut ada 4 rekomendasi animasi islami terbaik untuk anak-anak.

1. Riko The Series

Riko The Series merupakan animasi karya anak bangsa yang masih terbilang baru milik Garis Sepuluh Corporation. Namun, kehadirannya cukup menarik perhatian. Serial animasi Riko The Series menghadirkan nuansa baru dengan membawa value tayangan yang cukup unik yakni Qur'an science. Ya, tayangan serial animasi Riko The Series ini memberikan penontonnya kemudahan untuk belajar edukasi seputar sains sembari belajar Al-Qur'an. Tidak hanya itu, dalam serial animasi Riko The Series kita bisa belajar bagaimana kehidupan sehari hari Riko, si anak yang sangat senang belajar hal baru.

Kehadiran serial animasi Riko The Series, milik Garis Sepuluh Corporation ini membawa angin segar kepada anak bangsa untuk dapat menonton tayangan yang memiliki banyak nilai positifnya. Karena selama ini, anak Indonesia senangnya menonton tayangan animasi luar negeri yang nilainya berbeda dengan nilai yang dimiliki bangsa Indonesia serta minimnya pemahaman agama islam secara langsung yang diajarkan bersamaan dengan pemaparan ilmiah mengenai sains yang disampaikan secara menarik.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Mendidik Dari Tayangan Riko The Series

2. Upin Ipin

Siapa sih yang tidak kenal dengan animasi Upin Ipin asal Negeri Jiran ini? Ya, serial animasi Upin Ipin milik negara tetangga kita, Malaysia nyatanya telah menduduki hati anak-anak Indonesia. Cerita Upin Ipin begitu realistis sehingga menyenangkan untuk ditonton. Karakter setiap tokoh juga menarik, terlebih karakter utamanya. Ya, si kembar Upin dan Ipin. Anak yatim piatu yang memiliki perangai yang baik, sopan dan tentunya tidak dilebih-lebihkan menjadi karakter dewasa. Sehingga kita bisa melihat, bagaimana mereka berproses. Ada kalanya mereka berbuat salah, suka iseng, namun pada akhirnya mereka belajar dari pengalaman dan nilai-nilai yang diajarkan agama serta norma dalam kehidupan sehari hari.

Film Upin Ipin tidak hanya menyenangkan diikuti, namun juga memiliki nilai agama yang bisa menjadi contoh bagi anak anak kita sebagai penonton animasi ini. Ya, bagaimana mereka selalu ingat untuk berdoa setiap melaksanakan segala sesuatu. Seperti doa makan, doa tidur, doa kedua orangtua, doa ingin belajar dan doa doa lainnya. Mereka juga mengajarkan nilai-nilai toleransi dalam bersosialisasi. Bagaimana muslim tetap bisa berbaur dengan penganut agama lain, dan berbaur dengan suku yang berbeda. Hal ini tentu bisa menjadi contoh yang baik bagi anak anak kita.

3. Syamil dan Dodo

Masih ingat dengan serial animasi Syamil dan Dodo? Serial animasi milik Indonesia yang pernah hits di jaman 2000 ini pernah mendapatkan penghargaan dari KPI Award di tahun 2014. Dari serial animasi Syamil dan Dodo, anak akan mudah mengenal mana perbuatan yang baik, mana perbuatan yang salah. Tidak hanya sampai disitu, bagaimana penerapan islam dalam kehidupan sehari hari dideskripsikan dengan baik pada serial animasi Syamil dan Dodo. Syamil dan Dodo adalah dua peran utama serial animasi ini yang memiliki karakter yang sangat berbeda namun keduanya menggambarkan karakter yang anak anak miliki.

Nah dengan tontonan Syamil dan Dodo, anak dapat belajar secara langsung mengenai baik buruknya suatu perbuatan atau bagaimana Islam memandang suatu perkara. Apalagi serial animasi ini telah mendapat acungan jempol dan bahkan award dari KPI. Artinya, kualitasnya sudah lulus. Kabar baiknya serial animasi ini reborn lagi dengan cerita yang lebih asyik. Semoga lewat tayangan ini, kita bisa lebih mudah memahamkan ajarkan agama kepada anak dalam kehidupan sehari hari ya.

4. Nussa dan Rara

Di pertengahan November 2018, hadirlah serial animasi yang menarik perhatian. Namanya Nussa dan Rara. Serial animasi ini juga memberikan banyak nilai nilai islam didalamnya. Karakter Nussa dan Rara yang menggemaskan bikin makin betah untuk menontonnya. Terpenting, banyak edukasi keislaman yang bisa didapatkan dengan menonton serial animasi ini seperti misalnya bagaimana berdoa, bagaimana adab dalam bersikap, dan banyak hal lainnya yang bisa kita temukan di serial animasi Nussa Rara yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4 Stripe Productions.

Itulah 4 rekomendasi animasi islami untuk anak yang aman ditonton anak-anak. Namun, jangan lupa untuk membatasi waktu menonton dan tetap dampingi anak saat menonton ya.