5 Cara Positif Menghabiskan Waktu di Internet

5  Cara Positif Menghabiskan Waktu di Internet

Internet kini bagai jendela dunia. Dengan internet, ilmu merebak luas dari berbagai aspek dengan ragam jenisnya. Dari internet, kita seperti menjelajah ke seluk beluk dunia. Tanpa pergi langsung pun, kita berkesempatan untuk mempelajari banyak budaya bahkan berinteraksi dengan orang-orang nun jauh disana.

Karenanya, banyak hal positif yang bisa diperoleh dari kegiatan berselancar di internet. Namun tidak memungkiri, selain hal positif banyak juga konten negatif yang , bahkan tanpa dicari.

Sekarang, kita semua dihimbau untuk dirumah saja. Wabah corona membuat kegiatan tatap muka menjadi terbatas. Namun, jangan kehabisan gaya dirumah. Ada internet yang bisa mengisi waktu luang anda. Tapi ingat, tetap dengan cara positif ya.

Ada lima cara positif menghabiskan waktu di internet. Berikut caranya:

1. Konsumsi Konten Edukasi

Konten Edukasi di internet luar biasa banyaknya. Selagi banyak waktu luang, pergunakan sebaik baiknya untuk mengisi gelas kosong alias menambah ilmu-ilmu baru. Menambah ilmu baru tidak hanya dengan membaca. Tapi juga bisa dengan menonton.

Apalagi kini, konten edukasi di youtube tidaklah sedikit. Seperti misalnya Animasi Riko The Series; animasi ringan yang bisa ditonton anak kecil hingga dewasa. Animasi yang cukup sarat ilmu dengan tampilan menarik dan ringan. Karenanya, proses penyerapan informasi akan lebih mudah.

Tidak hanya dari membaca dan menonton, kita juga bisa menambah wawasan melalui obrolan bersama orang asing. Internet memberikan kita kemudahan untuk berinteraksi dengan orang di negara manapun. Karenanya jangan sia siakan kesempatan untuk menambah ilmu baru baik itu kosakata baru, cara pandang baru, adat baru, dan banyak hal lainnya yang bisa didapat. Namun,ingat untuk berhati hati dalam memilih pertemanan di media sosial.

Baca juga: 5 Ilmuwan Muslim Modern Yang Perlu Kamu Tahu

2. Mencari Sumber Inspirasi

Kita juga bisa mencar sumber inspirasi. Misal inspirasi DIY, gambar di Pinterest. Inspirasi menulis di blog, dan banyak hal lainnya. Inspirasi tersebut dapat memberikan kitaide ide segar untuk terus produktif dan kreatif.

3. Menciptakan Konten Yang Bermanfaat di Media Sosial

Menciptakan konten yang bermanfaat di media sosial juga pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu secara positif di internet. Kita bisa membuat konten di instagram, sharing hal hal yang bisa jadi penting bagi orang lain. Kita bisa sharing tutorial di Youtube, yang barangkali orang cari cari selama ini. Kita bisa sharing lifehacks di Facebook dan sebagainya. Ada banyak platfrom media sosial yang memudahkan kita untuk menebar manfaat.

Tidak perlu yang wah, tidak perlu sempurna. Yang penting memiliki nilai manfaat. Selain memberikan manfaat kepada orang lain, kita juga bisa menambah skill,memperkuat wawasan yang kita punya, serta melatih diri kita untuk menjadi lebih baik lagi dengan menciptakan konten yang bermanfaat di media sosial.

4. Ikut Webinar

Webinar memudahkan kita untuk ikut seminar tanpa harus datang ke tempat. Melainkan cukup online saja. Semenjak wabah corona, kegiatan umum sangat dibatasi. Dan webinar pun mulai bermunculan. Dari yang free hingga yang berbayar.

Ilmu yang ditawarkan cukup beragam dan sangat bermanfaat. Sering sekali juga diisi oleh para praktisi dan akademisi yang profesional di bidangnya masing masing. Karenanya jika ada topik yang disenangi, ingin punya skill baru, ingin mendalami sebuah ilmu sangat disarankan untuk mengikuti webinar.

5. Isi Ruhiyah dengan Nonton Kajian

Jika sebelumnya kajian ke masjid. Mungkin kini harus dari rumah. Namun jangan bersedih hati, karena banyak sekali kajian yang bisa kita ikuti di media sosial. Karenanya jangan lupa untuk membasahi diri dengan ilmu ilmu agama ya.

Itu dia lima cara menghabiskan waktu secara positif di internet. Semoga kita termasuk kepada orang orang yang tidak menyia nyiakan waktu ya.