5 Cara Simple Berbuat Baik Pada Orang Tua

5 Cara Simple Berbuat Baik Pada Orang Tua

Berbuat baik kepada orangtua bukan sekedar anjuran, melainkan sebuah perintah. Mengingat-ingat bagaimana perjuangan orang tua mulai dari melahirkan hingga membersarkan kita saja sudah menjadi alasan yang kuat untuk terus melakukan kebaikan kepada mereka, bukan? Kedua orang tua kita itu sangatlah pantas menerima kebaikan-kebaikan dari kita. Lagipun, kebaikan yang kita lakukan pada mereka tak bisa membalas jasa mereka yang luar biasa besarnya.

Tapi, berbuat baik kepada orang tua bukan tentang membalas jasa mereka. Namun bentuk dari rasa syukur, rasa hormat yang kita miliki terhadap mereka. Apalagi, salah satu amalan yang paling Allah cintai adalah berbuat baik pada orang tua. Amalan yang bisa kita lakukan tanpa terbeban ini ternyata amalan yang sangat Allah cintai. Alhamdulillah, selain bisa menyampaikan rasa sayang melalui perbuatan terhadap mereka, sekaligus menambah berat timbangan kebaikan di hari akhir. Berbuat baik kepada orangtua banyak bentuknya. Berikut merupakan lima cara simpel berbuat baik kepada orang tua:

1. Menjaga Perasaannya

Salah satu cara simple untuk berbuat baik kepada kedua orang tua ialah dengan menjaga perasaan mereka. Menjaga perasaan mereka dari rasa sakit hati yang bisa saja terluka karena ucapan kita yang bermakna kasar, bersifat menggurui, memiliki intonasi yang tinggi, terkesan tidak sopan atau dari tindakan yang mampu menyakiti dan melukai mereka. karenanya,

Ketika orang tua berbicara, dengarkan dengan seksama. Jika apa yang orangtua utarakan tidak sependapat denganmu, pastikan untuk menerima dengan baik dan jika memang ada yang harus diluruskan, utarakan dengan lembut dan pastikan tidak menyinggung mereka.

Baca juga: Hukum Menggunakan Hand Sanitizer

2. Sering-Sering Mengunjungi mereka

Kehadiran kita bisa jadi merupakan hadiah terindah bagi mereka, karenanya sempatkanlah untuk berkujung jika sudah tak serumah. Jika tidak memungkinkan karna jarak yang cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk sering pulang, maka hubungilah via telfon. Tanyakan kabarnya, dengarkan curhatannya, dengarkan nasihatnya, ceritakan hal-hal baik pada mereka. Pastikan untuk selalu menjadi anak yang peduli walaupun jarak membentang jauh. Tutur kata yang lembut mampu membuat mereka merasa nyaman dan bahagia. Jika masih serumah, maka kesempatan untuk bertemu kian besar. sesibuk apapun kegiatanmu diluar sana, tetap pastikan untuk menghabiskan waktu bersama dengan mereka.

3. Tunjukkan rasa Cintamu

Mungkin, banyak dari kita yang tak terbiasa dengan menunjukkan rasa cinta kepada kedua orang tua. Namun, ada banyak cara yang bisa lakukan selain mengucap rasa sayang atau memeluk dan mengecup pipinya. Ialah dengan bersegara saat orangtua memanggil, ikhlas saat orangtua meminta bantuan, memberikan wajah yang bahagia dan senang, menjawab dengan kata-kata yang baik saat orangtua bertanya, dan melayani mereka dengan pelayanan prima.

4. Bersikap Patuh

Jika memang perintahnya tidak mengingkari kebenaran, maka bersikap atuh sudah selayaknya kita lakukan. Tak perlu banyak komentar, memberikan argument-argumen yang dianggap lebih banyak edukasi sehingga menganggap remeh setiap kata dan arahan orangtua. Sebaiknya kita patuhi saja, asal perintah dan nasihat yang orangtua berikan tidak melenceng dari ajaran agama kita. Jikapun salah, maka perbaikilah dengan tanggapan yang sopan serta meminta pertolongan Allah untuk melunakkan kedua hati orangtua agar mudah menerima kebenaran.

5. Mendoakan Mereka

Doakanlah mereka di setiap waktu, doakan mereka agar Allah jaga selalu, diberikan kesehatan, kebahagiaan, banyak kesempatan melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan, diberikan keberkahan dalam hidupnya, dan harapan-harapan lain yang kita inginkan untuk orangtua kita. Jika didalam hati ada rasa cinta yang dalam terhadap kedua orangtua kita, tentulah tak sulit untuk mengingat mereka dalam setiap doa. Bahkan kedua sosok itulah yang pertama kali kita ingat saat menguntai doa. Memang, doa adalah bahasa cinta yang sederhana. Tanpa diketahui, tapi maknanya dalam sekali.

Itulah Lima Cara Simple Berbuat Baik Pada Orang Tua yang bisa diaplikasikan. Cara-caranya dijamin simple sekali, namun terkadang latar belakang keluarga yang berbeda-beda, membuat beberapa hal diatas menjadi lebih sulit dan membutuhkan proses yang panjang. Namun, percayalah dengan menumbuhkan rasa cinta kepada orangtua hanya karena Allah, maka insyaAllah, Allah akan berikan kemudahannya.