Agar Sekolah Online Tetap Menyenangkan

Agar Sekolah Online Tetap Menyenangkan

Semenjak tahun 2020, kita tidak asing lagi dengan istilah sekolah online. Ya, sejak kemunculan virus baru yang bernama Covid-19 membuat begitu banyak dampak pada berbagai sektor, salah satunya sekolah. Anak-anak harus sekolah online dari rumah karena penyebaran virus yang terjadi begitu cepat. Aturan sekolah dari rumah diterapkan di beberapa wilayah seperti wilayah DKI Jakarta dan Kota Bandung. Dalam surat edaran No 4 tahun 2020, Mendikbud, Nadiem Makarim menyebutkan belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna untuk siswa.

Beradaptasi dengan sekolah online, bukanlah hal yang mudah. Setiap keluarga memiliki tantangan tersendiri dalam menyekolahkan anaknya secara tatap muka secara tidak langsung. Seorang psikolog Penny Handayani, M.Psi juga menyatakan bahwa Planning is a big part of expectation management, harus disadari penuh bahwa tidak mungkin situasi dan kondisi ideal belajar di sekolah akan sama situasinya dengan belajar di rumah. Karenanya, kita tidak bisa berharap semua akan berjalan seperti biasanya. Akan ada banyak kekurangan karena memang situasi telah berubah dengan begitu cepat. Kita tidak bisa memaksakan kehendak untuk tetap menerima kondisi yang ideal.

Karenanya Penny Handayani menyarankan orangtua untuk membuat target yang realistis, menyesuaikan kondisi masing masing keluarga. Karena tidak semua keluarga memiliki kondisi yang sama, ada orang tua yang juga memiliki tuntutan kerjaan work from home, ada pekerjaan rumah tangga, dan beberapa kondisi lainnya yang tidak ideal untuk membuat suasana belajar seideal di sekolah. Namun ada beberapa tips agar sekolah online tetap menyenangkan:

1. Belajar dengan gaya belajar yang disukai

Jika anak-anak suka dengan gaya belajar auditori, anak-anak bisa belajar sambil mendengar penjelasan pelajaran yang sedang dipelajari lewat tutor yang asyik dan mudah menggambarkan suatu pelajaran. Ada banyak aplikasi belajar online yang bisa dimanfaatkan. Anak-anak yang suka dengan gaya belajar auditori biasanya mudah mengingat dari apa yang didengar atau dari hasil diskusi. Atau jika anak-anak suka dengan gaya belajar visual kita bisa belajar sambil menonton video-video pelajaran. Lagipula, ada banyak video edukasi seperti misalnya serial Animasi Riko The Series yang bisa menambah wawasan.

2. Tetap melakukan aktivitas selain belajar

Berada di rumah dalam waktu lama mungkin akan menjadi hal yang sangat membosankan. Apalagi jika harus belajar setiap saat, selain itu untuk bertemu teman teman hanya bisa dijumpai secara virtual. Karenanya, anak-anak bisa menambah aktivitas lain yang ia senangi setelah belajar seperti bermain misalnya. Pastikan juga mereka tidak lalai dalam bermain. Ya, tidak hanya bermain yang bisa dilakukan, anak-anak bisa diarahkan untuk bisa melakukan hobinya atau melakukan olahraga ringan di rumah.

3. Tidak menjadikan sekolah online sebagai beban

Ya, mungkin sulit untuk tidak belajar bersama. Namun, yakinlah ini semua akan berakhir pada waktunya. Temukanlah hal hal positif dan menyenangkan mengenai sekolah online. Jadi, jangan jadikan beban namun berikan waktumu untuk belajar agar menjadi bekal di masa depan.

Itu dia beberapa tips  Agar Sekolah Online Tetap Menyenangkan. Semoga kita bisa terus semangat melaksanakan sekolah online. Walau ada beberapa kendala yang tidak bisa diatasi seperti tidak adanya internet. Karena seperti yang kita ketahui, jaringan internet ke seluruh indonesia belumlah idealnya terutama pada daerah tertentu. Dalam salah satu serial animasi anak Riko The Series yang berjudul Sekolah Online juga mendiskripskikan betapa sulitnya mencari sinyal internet.

Namun dalam serial itu pula ada pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan yakni pasti ada kemudahan di setiap kesulitan. Dahulu, Imam syafii jika tidak memiliki kertas, maka akan menulis di atas tulang putih. Imam Bukhari menyusuri ratusan kota bahkan negara demi mengumpulkan riwayat-riwayat Nabi Muhammad. Nah, kalau kita bermasalah dengan jaringan internet kita bisa memikirkan solusi lainnya misal dengan menggunakan provider tertentu yang sesuai dengan kualitas di daerah tersebut, Semoga segala sesuatunya kian membaik. Tetap semangat sekolah online.

Baca juga: Beragam Manfaat Madu