Air Merupakan Sumber Kehidupan Manusia

Air Merupakan Sumber Kehidupan Manusia

Air merupakan sumber kehidupan manusia. Kita hidup berdampingan dengan air. Kita pun memiliki banyak sumber air. Kita bisa menemukan air di laut, pada saat hujan turun, air yang mengalir di permukaan bumi seperti air sungai dan danau, ada juga air yang berasal dari tanah maupun dari mata air. Dalam tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, bahkan mencapai di kisaran 75%. Ya, bukan lemak melainkan air yang menjadi komponen paling banyak mengisi tubuh kita.

Air dalam tubuh manusia berfungsi sebagai proses pencernaan, metabolisme, mengatur keseimbangan tubuh, menjaga tubuh agar tidak kekeringan serta mampu mengangkat zat-zat makanan yang ada dalam tubuh. Namun, walaupun banyak sumber air di sekitar kita akan tetapi masih banyak juga orang yang kesulitan mendapatkan air bersih, air haruslah bersih agar aman dikonsumsi maupun digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Air sangatlah berguna dan penting. Jika di bumi tidak ada air maka lautan akan menjadi penyerap karbon terbesar. Energi panas akan terperangkap di atmosfer planet oleh gas rumah kaca yang disimpan di dalam lautan. Planet yang tidak memiliki cukup air akan tidak terkendali, sehingga akan menyebabkan efek pemanasan global yang tidak terkendali, tanaman-tanaman akan mati, bumi akan mengering sehingga kehidupan di dunia akan musnah begitu saja, lautan dan segala sumber air lainnya akan menghilang, benua akan cekung, lapisan bumi semakin terlihat, dan kehidupan di muka bumi tidak ada lagi.

Menurut hasil prediksi World Water Forum di Den Haag, 2000, sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan kesulitan mendapatkan air bersih. Hal ini tentu mengkhawatirkan karena dalam setiap kegiatan mencuci, memasak, mandi dan sebagainya sangat membutuhkan air bersih. Karenanya, kita harus menghemat air. Selain karena pemborosan air tidak baik, namun untuk menjaga persediaan air bersih. Berikut beberapa cara menghemat air:

  1. Tidak boros air saat menyiram tanaman. Untuk menyiram tanaman kita bisa mengadah hasil air hujan dalam ember-ember atau menggunakan air sisa pakai.
  2. Tidak lupa mematikan keran setelah menggunakan. Kemudian penting untuk memastika keran benar-benar tertutup setelah dipakai, tidak setengah sehingga masih menitikkan air walaupun sedikit lama-lama jadi banyak
  3. Langsung memperbaiki kebocoran jika terjadi kebocoran air. Karena jika tidak, akan begitu banyak air yang terbuang
  4. Memantau pengeluaran air sehingga kita bisa mengetahui apakah penggunaan air selama ini sudah tepat atau belum. Kalau masih terlalu banyak kita bisa mengurangi aktivitas penggunaan air seperti misalnya terbiasa mencuci motor dua kali seminggu menjadi seminggu sekali atau tetap dua kali namun tidak menggunakan banyak busa agar tidak membutuhkan banyak air.
  5. Tidak membuang-membuang air kepada yang tidak perlu.

Dengan begitu, air akan digunakan secara baik. Jangan sampai kita boros dalam menggunakan air. Serial tayangan animasi Riko The Series yang berjudul Main- main Sama Air juga menggambarkan betapa pentingnya air, dan bagaimana keadaan dunia tanpa air. Serta tidak lupa senantiasa mengingatkan betapa besarnya kuasa Allah SWT yang menciptakan segala sesuatunya. karenanya, kita tidak boleh abai terhadap apa yang ada di sekitar kita. Karena sebenarnya hal di sekitar kita adalah hal besar yang patut disyukuri.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Mendidik Dari Tayangan Riko The Series