Alasan Mengapa Harus Menjaga Intellectual Property

Alasan Mengapa Harus Menjaga Intellectual Property

Intellectual Property merupakan kekayaan intelektual yang tidak memiliki wujud dengan sifat bisa disentuh karena intellectual property merupakan hasil karya pemikiran seseorang seperti imajinasi, pengetahuan, kreativitas dan ide ide yang produk turunannya seperti misalnya buku, film, penemuan baru dan banyak hal lainnnya. Contoh intellectual property di Indonesia seperti serial animasi anak bangsa yang berjudul Riko The Series milik perusahaan Garis Sepuluh yang mana animasi tersebut merupakan sebuah hasil dari intellectual property.

Intellectual Property sama dengan properti pada umumnya seperti tanah maupun rumah. Namun, keduanya memiliki wujud yang berbeda. Persamaan lainnya, keduanya sama sama memiliki nilai komersial. Melindungi intellectual property sangatlah penting, karena dapat mencegah orang lain mengambil karya yang kita miliki dan dengan mudah mengklaim kepemilikannya. Misal, ada seseorang yang sedang dalam proses menciptakan sebuah buku. Kemudian setelah selesai menulis ia tidak mengklaim kepemilikannya dengan hak cipta, malah menyebarluas tulisannya dengan maksud ingin meminta masukan dari banyak orang terlebih dahulu sebelum tulisan tersebut dikirimkan ke penerbit. Namun ternyata, ada yang mencuri karya tersebut. Si pencuri karya tersebut  kemudian lebih dulu mengirimkan naskah tersebut ke penerbit dan mendaftarkan hak cipta atas namanya.

Pada saat itu, si pemilik asli karya tersebut tentu sangat dirugikan. Betapa banyak waktu, tenaga, pikiran yang ia curahkan dalam menciptakan sebuah karya yang indah namun pada akhirnya tidak diakui kepemilikannya, dan tidak memiliki keuntungan sedikitpun atas karya yang telah ia kerjakan. Dari permisalan ini, kita bisa menyimpulkan dua hal bahwa intellectual property rights itu sangat penting dan intellectual property itu sangatlah berharga. Alasan lainnya Mengapa Harus menjaga intellectual property melalui intellectual property rights adalah:

  1. Mendapat pengakuan, penghargaan bahkan juga insentif atas karya yang telah diciptakan dengan melibatkan banyak tenaga dan waktu untuk menghasilkan sebuah karya. Insentif yang didapatkan berbentuk monopoli. Hal ini agar pencipta karya mendapatkan manfaat dari hasil karyanya dalam jangka waktu tertentu. Insentif yang didapatkan bisa menjadi modal untuk mengembangkan ide-ide untuk intellectual property yang lebih baik dan bermanfaat di masa mendatang.
  2. Memberikan kejelasan mengenai hukum yang berkaitan dengan inventor, pencipta, desainer, pemilik, pemakai, dan pihak lain yang berkaitan pada jangka waktu tertentu.

Baca juga: Apakah Intellectual Property Itu Penting?

Tidak hanya memberikan jaminan terhadap pembuat karya saja. Namun, dengan adanya intellectual property rights ini mampu memberikan orang lain motivasi dan juga menciptakan kepedulian serta perhatian terhadap sistem ekonomi global, karena intellectual property memiliki kaitan dengan masalah perdagangan juga perindustrian.  Tidak hanya itu, melindungi karya juga artinya mengapresiasi sebuah usaha yang telah dilalui.