Alasan Mengapa Merek Bisnismu Ditolak

Alasan Mengapa Merek Bisnismu Ditolak

Memiliki sebuah karya yang ingin diperjualbelikan baik dalam bentuk apapun baiknya memang didaftarkan dulu mereknya. Mendaftarkan merek memiliki banyak fungsi misalnya seperti menjadi alat bukti bagi pemilik sehingga ia berhak atas merek nya. Selain itu, bisa menjadi dasar dalam menolak jika ada merek yang sama secara keseluruhan maupun tidak yang dimohonkan orang lain serta bisa menjadi dasar untuk mencegah orang lain menggunakan merek yang sama dalam mengedarkan barang/jasa yang menggunakan merek tersebut.

Namun, sebelum mendaftarkan merek ada beberapa yang harus diperhatikan seperti misalnya:

  1. Merek yang ingin didaftarkan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan serta tidak bertentangan dengan ideologi negara.
  2. Merek tidak sama dengan merek yang didaftarkan orang lain.
  3. Dalam merek yang didaftarkan tidak boleh mengandung unsur yang bisa menyesatkan masyarakat.
  4. Merek yang didaftarkan harusnya memiliki keterangan sesuai dengan kualitas maupun manfaat yang dimiliki.
  5. Merek harus memiliki daya pembeda
  6. Merek bukan merupakan nama umum atau kambang milk umum

Nah, setelah memerhatikan hal tersebut. Perhatikan beberapa alasan mengapa merek bisnismu ditolak:

Baca juga: Agar Pendaftaran Merek Bisnismu Tidak Ditolak

  1. Memiliki kesamaan pokonya atau secara kesuluruhan dengan merek yang dibuat orang lain dan merek tersebut telah didaftarkan terlebih dahulu pada barang maupun  jasa yang sejenis.
  2. Memiliki kesamaan secara menyeluruh dan pada pokoknya dengan merek yang sudah terkenal dimiliki oleh pihak lain pada barang maupun jasa yang sejenis.
  3. Memiliki persamaan secara kesuluruhan dan pada pokoknya dengan merek yang sudah terkenal milik pihak lain pada barang maupun jasa yang tidak sejenis sepanjang memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan lebih lanjut dengan peraturan pemerintah;
  4. Memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan indikasi-geografis yang sudah dikenal;
  5. Merupakan atau menyerupai dengan nama orang terkenal, foto, atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain, kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak;
  6. Merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, bendera, lambang atau simbol atau emblem negara atau lembaga nasional maupun internasional, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang;
  7. Merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh Negara atau lembaga pemerintah, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa merek bisnismu ditolak. Baiknya, sebelum mendaftarkan merek. Perhatikan dulu beberapa hal diatas tersebut ya. Setelah itu, semangat terus mendaftarkan merek bisnismu. Semoga berhasil.