Alasan Mengapa UMKM Perlu Melindungi Merek

Alasan Mengapa UMKM Perlu Melindungi Merek

UMKM yanng merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Namun, UMKM sebenarnya memiliki definisi yang lebih luas dari itu. UMKM juga menjelaskan aktivitas usaha bisnis yang dijalankan secara individu, rumah tangga maupun badan usaha dengan skala kecil. Prof. Ina Primiana dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran mendeskripsikan UMKM sebagai aktivitas usaha skala kecil yang mendukung pergerakan pembangunan serta perekonomian Indonesia.  Sedang M. Kwartono Adi memiliki definisi yang berbeda mengenai UMKM yakni  badan usaha dengan profit kurang dari 200 juta Rupiah, dihitung dari laba tahunan. Walaupun begitu, UMKM nyatanya memiliki peranan yang besar bagi perekonomian Indonesia.

Beberapa peranan UMKM seperti membuka lapangan kerja, mendorong ekonomi yang lebih merata, mendorong ekonomi dalam ekonomi sulit, meningkatkan devisa, serta memenuhi kebutuhan yang tepat sasaran. Karena UMKM memiliki peranan yang besar maka penting untuk melindungi usaha dari kecurangan yang bisa terjadi di masa depan dengan melindungi hak intellectual propertynya, salah satunya ialah dengan melindungi merek. Merek merupakan elemen yang sangat melekat dalam sebuah usaha, ia bisa menjadi identitas usaha. Merek juga bisa menjadi pembeda dengan usaha milik usaha lain. Karenanya penting untuk menjaga melindungi merek.

Mengenai hal ini, Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute (TII), Rifki Fadilah, menyatakan beberapa poin mengenai pentingnya merek bagi UMKM yang bisa memberikan kita wawasan Mengapa UMKM Perlu Melindungi Merek:

  1. Pertama, lembaga penelitian dan pengembangan perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan agar setiap hasil temuan dan penelitiannya dapat ditindaklanjuti guna memenuhi kebutuhan dunia industri. Dengan begitu,hasil penelitian tersebut tidak hanya menembakkan peluru di ruang hampa, namun mampu diaplikasikan dalam bidang industri. Sehingga, dapat beroperasi lebih inovatif dan efisien.
  2. Kedua, pelaku UMKM perlu melakukan perlindungan merek. Hal ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku UMKM karena setiap pelaku UMKM pasti menamakan usaha atau perusahaan mereka untuk membedakan dengan kompetitor Melalui perlindungan merek, maka UMKM berkesempatan mendapatkan posisi tawar yang strategis di pasar nasional maupun internasional. Selain itu, apabila UMKM memiliki merek yang terjamin kualitas produk utamanya, maka tidak menutup kemungkinan UMKM dapat memperluas bisnisnya melalui skema waralaba atau franchise. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa Indonesia masih memiliki peluang untuk mendongkrak angka HKI. Sehingga Indonesia dapat menjadi lebih percaya diri untuk berkompetisi di pasar persaingan bebas, khususnya di kawasan ASEAN. Oleh sebab itu, semua pihak baik pemerintah maupun swasta perlu didorong untuk terus berpikir kreatif dan inovatif untuk mendongkrak indeks HKI Indonesia.

Dengan mengetahui betapa pentingnya merek. Maka, para penggiat UMKM sebaiknya melindungi mereknya. Sudah seringkali terjadi kecurangan di dunia bisnis, bahkan sampai banyak sekali terdengar permasalahan mengenai sengketa merek. Karenanya, sebelum terlambat. Ayo, daftarkan merekmu.

Baca juga: Menyebar E-book Kena Pelanggaran Intellectual Property?