Apakah Intellectual Property Itu Penting?

Apakah Intellectual Property Itu Penting?

Intellectual Property (IP) mengacu pada kreasi pikiran, seperti ciptaan; karya sastra dan seni; desain; dan simbol, nama dan gambar yang digunakan dalam perdagangan. Intellectual property dilindungi oleh undang-undang misalnya berupa paten, hak cipta, dan juga merek dagang, yang memungkinkan orang mendapatkan pengakuan bahkan juga bisa mendapatkan keuntungan finansial dari apa yang diciptakan.

Sistem dari intellectual property ini bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan kreativitas dan inovasi dapat berkembang. Intellectual property ini memiliki kaitannya dengan ciptaan yang original milik manusia seperti misalnya kreasi artistik, teknis, sastra dan berbagai hal lainnya. Kemudian adanya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak hukum yang diberikan kepada penemu untuk melindungi penemuan atau ciptaannya untuk jangka waktu tertentu.

Intellectual property ini sangat penting. Jika dianalogikan. Seperti seorang istri yang sedang menyiapkan kejutan untuk suaminya yang sedang berulang tahun. Istri tersebut membuat dekorasi yang indah serta kue ulang tahun buatannya sendiri. Semua itu dibuat atas hasil pemikirannya. Gaya dekorasi dirancang terlebih dahulu kemudian dieksekusi dengan hati hati. Menyelesaikan semuanya bahkan menghabiskan waktu sehari. Setelah selesai, sang istri pergi menjemput suaminya yang sudah direncanakan untuk pergi ke suatu tempat.

Waktu menjemput tidak sebentar. Betapa terkejutnya sang istri ketika sudah sampai ke rumah. Rencananya gagal. Dekorasinya telah berantakan dan kuenya sudah sebagian termakan dan hancur. Entah siapa yang melakukannya. Hal itu membuat sang istri merasa begitu sedih. Kejutan yang ia persiapkan sepenuh hati dan dari jauh hari sia sia. Begitu juga dengan intellectual property. Seseorang mencurahkan banyak sekali waktu bahkan tenaganya untuk hal tersebut dengan bertujuan untuk mendapatkan manfaat bagi dirinya dan orang yang dicintainya, yakni dalam hal ini suaminya.

Baca juga: Produk Turunan Intellectual Property

Dengan analogi tersebut, kita bisa dengan mudah menyimpulkan betapa pentingnya intellectual property. Orang yang mencuri intellectual property itu tidak hanya mencuri karya namun juga waktu tenaga serta keuntungan mereka. Dalam hal tersebut, pencurian intellectual property sama seperti pencurian terhadap barang. Karena banyak sekali kerugian yang dirasakan pemiliknya.

Kalau di Indonesia, contoh intellectual property ialah seperti serial animasi Riko The Series. Bentuk intellectual property dari serial animasi itu tidak terbatas pada animasinya, namun juga dengan cerita dalam serialnya, logo, karakter, merchandise yang dimiliki dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Memang, ada orang orang yang menciptakan karya yang bisa diakses gratis dengan guna memberikan manfaat kepada banyak orang. Tentunya hal itu jangan disalahgunakan menjadi komersil. Seperti menjual karya gratis yang dibagikan tersebut. Karena setiap karya adalah berharga dan itulah mengapa pentingnya memiliki intellectual property. Karena jika memilikinya, kita akan mendapat hak keistimewaan bahkan setelah kita membagikan maupun menjual sebuah karya. Sehingga setiap usaha tidak terkhianati. Dan selain penting untuk pembuat karya, ternyata Intellectual property juga  memainkan peran yang penting dalam ekonomi modern.