Benarkah Tumbuhan Bertasbih?

Benarkah Tumbuhan Bertasbih?

Selama ini kita mungkin berfikir bahwa hanya manusialah yang bertasbih. Padahal semua makhluk Allah SWT bertasbih termasuk dengan tumbuhan. Walau kita tidak mampu mendengar ia bertasbih, namun sebenarnya tumbuhan melakukannya. Dilansir dari Journal Of Plant Molecular Biologies bahwa sekelompok ilmuwan melakukan penelitian terhadap tumbuhan. Hasil penelitian yang mereka lakukan adalah tumbuhan ternyata mengeluarkan suara halus. Namun, suara itu tidak bisa di dengar oleh telinga biasa. Namun diperlukan teknologi. Para peneliti itu sempat merekam menggunakan perekam khusus untuk merekam suara yang dikeluarkan oleh tumbuhan.

Penelitian yang dilakukan selama lebih dari tiga tahun ini, membuahkan hasil. Para peneliti bisa menganalisa denyutan dan juga detak suara tumbuhan yang menjadi isyarat bersifat cahaya elektron dengan alat Oscilloscope. Detak suara yang didapatkan itu berulang lebih 1000 kali dalam waktu satu detik. Dengan terbuktinya bahwa tumbuhan ikut bertasbih kepadanya yang dikuatkan dengan dalil Al-Qur'an maka kita seharusnya memperlakukan tumbuhan dengnan baik. Jangan sampai kita tidak menjaganya. Seperti membiarkan tumbuhan tidak disiram sehingga akhirnya layu dan mati.

Pada serial animasi Riko The Series yang berjudul Tumbuhan Bertasbih. Kita bisa meilhat bagaimana kakak Riko sangat sayang kepada tumbuhan. Tumbuhan adalah makhluk yang juga harus di dirawat karena tumbuhan juga memberikan dampak positif bagi sekelilingnya. Seperti misalnya menanam pohon. Menanam pohon memiliki begitu banyak manfaat seperti misalnya membuat udara menjadi lebih segar. Daun dan batang pohon akan menyerap gas serta komponen berbahaya yang ada di udara kemudian mengeluarkan oksigen. Sehingga kita bernafas dengan udara yang baik. Dengan adanya pohon, juga bisa mengurangi paparan sinar ultraviolet ke kulit. Paparan sinar ultraviolet yang secara terus menerus bisa meningkatkan adanya resiko terjadi kanker kulit. Dengan menanam pohon yang bisa mengurangi paparan sinar nya sebanyak 50%, maka resiko terpapar sinar ultraviolet tentu lebih sedikit.

Baca juga: Air Merupakan Sumber Kehidupan Manusia

Tidak hanya itu, pohon juga mencegah terjadinya polusi air, saat hujan lebat maupun badai, air hujan yang berlimpah memiliki resiko membawa polutan yang mengandung fosfor dan juga nitrogen. Adanya pohon, air hujan akan diserap ke tanah dan dapat disaring sehingga tidak mencemari laut. Selain itu, pohon dapat membantu menambah cadangan air tanah dan menjaga poluasi makhluk hidup. Banjir juga bisa dicegah dengan adanya pohon di setiap rumah. Tidak hanya banjir namun juga erosi tanah, karena tekanan air dari hujan akan bisa diredam bahkan sebelum sampai ke tanah dan air yang lebih akan diserap sehingga kecil terjadinya longsor.

Nah dengan banyaknya manfaat menanam pohon. Maka kita sudah bisa merencanakan untuk menanam pohon dihalaman rumah kita. Juga bisa dimulai dengan merawat tanaman hias, menanam sayur-sayuran seperti tomat, cabai, bayam dan aneka sayur lain yang mudah ditanam. Perhatikan juga bibit yang dimiliki. Pilihlah bibit yang tepat dan bagus sehingga membuahkan hasil yang berkualitas. Tidak hanya sampai  pada gerakan menanam, namun luangkan waktu untuk selalu merawat tumbuhan. Merawatnya dengan selalu menyiramnya namun tidak berlebihan, secukupnya saja kemudian menggunting dan membuang bagian-bagian yang tidak bagus, mengganti ke dalam pot yang lebih besar jika sudah semakin besar tanamannya dan sebagainya.