Beragam Manfaat Madu

Beragam Manfaat Madu

Madu merupakan hasil dari nektar tanaman berbunga yang dikumpulkan lebah. Nektar yang dikumpulkan lebah disimpan di dalam sarang lebah untuk berproses menjadi madu yang lezat nan manis saat dikonsumsi. Rasa manisnya yang alami sangat cocok dikonsumsi dengan berbagai makanan seperti menjadi selai roti, atau bahkan dilarutkan dalam air hangat yang bercampur dengan jeruk nipis. Ada berbagai banyak olahan yang bisa dibuat dengan madu, bahkan madu pun enak disantap tanpa makanan yang lain. Tidak hanya enak disantap, namun ternyata madu memiliki beragam manfaat.

Madu memiliki banyak kandungan didalamnya seperti misalnya fruktosa yang bahkan mencapai 38,5%, glukosa sekitar 31% yang keduanya merupakan jenis gula alami. Tidak hanya itu, madu memiliki kandungan vitamin, mineral seperti asam askorbat, asam pantotenat, niacin, riboflavin, kalsium, zat besi, magnesium, zinc serta enzim yang berguna untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu banyak kandungan baik yang dimiliki madu menjadikan madu begitu banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan:

  1. Madu merupakan bahan alami yang efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka maupun mengatasi keluhan di bagian lambung. Kandungan hidrogen, peroksida serta tingkat keasaman alami yang ada pada madu mampu mencegah proses tumbuhnya bakteri
  2. Madu memiliki kandungan flavonoid dan jenis polifenol lainnya yang menghambat hormon pemicu peradangan. Sehingga madu memiliki khasiat untuk mampu meredakan rasa sakit tenggorokan.
  3. Madu mampu meningkatkan imunitas tubuh karena madu memiliki kandungan senyawa fitonutrien yang mampu memperkuat sel-sel imun dalam tubuh.

Ya, selain enak dikonsumsi, madu juga menyehatkan. Namun, madu belum bisa diberikan kepada anak usia di bawah satu tahun karena beresiko menyebabkan botulisme. Tapi diatas usia satu tahun keatas, madu aman dikonsumsi. Karena banyaknya khasiat madu, kita bisa melihat ada banyak produk turunan madu seperti yang dijelaskan dalam tayangan serial anime Riko The Series yang berjudul Lawan Virus Dengan Madu. ya, saking banyaknya manfaat madu ada produk sabun yang memiliki kandungan madu, bahkan juga kombinasi susu dan madu.

Baca juga: Benarkah Tumbuhan Bertasbih?

Madu memang sudah terbukti khasiatnya sejak zaman dahulu. Madu bahkan sudah ada sejak tujuh ribu tahun sebelum masehi. Madu ini sangat bermanfaat, dan menakjubkannya madu tidak akan basi bahkan madu mampu bertahan hingga 3000 tahun. Sungguh luar biasa. Apalagi jika kita mengetahui bagaimana perjalanan lebah memproses madu yang begitu nikmat dan banyak khasiat ini. Ya, lebah melakukan proses panjang untuk menghasilkan madu yang akhirnya bisa kita konsumsi. Dimulai dari para lebah madu yang saling bekerja sama untuk menentukan dimana lokasi bunga terbaik. Mereka bekerja sama dan berdiskusi lewat benturan dan suara. Lebah madu bahkan terbang hingga 5 km mencari bunga dan menghisap nektar bunga. Dalam sekali perjalanan, biasanya lebah akan mengunjungi sekitar 50 hingga 100 bunga. Lebah menghisap tetesan sari bunga dari organ bunga yang memproduksi nektar menggunakan belalai panjangnya.

Saat nektar sudah masuk kedalam perut lebah, maka perut lebah memecah gula yang kompleks dari nektar menjadi gula yang lebih sederhana dan padat. Kemudian lebah pekerja ini akan meneruskan nektar tersebut kepada lebah rumah, yang berusia 12 hingga 17 hari. Lebah rumah akan mengambil nektar dan mengemasnya dalam sel sel lilin madu yang berbentuk segi enam. Setelah itu, lebah rumah akan mengubah nektar menjadi madu lewat angin hangat yang berasal dari sayap yang mereka kepakkan untuk mengeringkan nektar. Begitulah proses perjalanan lebah memproduksi madu yang terbukti memiliki manfaat yang banyak.