Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah Kepada Anak

Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah Kepada Anak

Mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak adalah kunci untuk bisa membuatnya membaca ayat-ayat Al-Qur'an yang agung, indah dan sarat makna. Huruf hijaiyah ada 29 huruf, dan memiliki karakter tersendiri setiap hurufnya.

Sumber keluar suaranya yang berbeda, penekanan yang berbeda kadang membuat anak sulit untuk membacanya. Apalagi ada huruf-huruf yang sangat tidak familiar dengan huruf dalam bahasa indonesia. Tidak hanya itu, ada huruf-huruf yang bacaannya hampir sama sehingga anak kadang sulit untuk membedakan antara satu sama yang lainnya. Terkadang, kita yang sudah dewasa saja belum pas makharijul hurufnya sehingga belum fasih. Namun, ketika mengajarkan anak maka jadikan sebagai sarana untuk mendalami huruf yang kita baca agar lebih tepat. Intinya, belajar bersama anak.

Dalam mengajari anak huruf hijaiyah, orangtua perlu strategi. Bisa menggunakan metode metode yang sudah ada atau metode yang dimodifikasi sendiri. Yang terpenting orangtua tidak memaksakan anak. Proses pembelajaran diisi dengan suasana menyenangkan, dan dengan cara yang mudah dipahaminya. Berikut beberapa cara mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak:

1. Belajar Sambil Bernyayi

Anak anak sangat suka dengan alunan nada. Tidak heran, kita seringkali melihat anak yang menikmati lagu lagu. Ia bergerak kesana kemari, terlihat riang, ketika diperdengarkan lagu. Nah, sekarang saatnya mencoba mendengarkan huruf hijaiyah dengan nyanyian. Kalau bisa, sejak dini ia dinyanyikan lagu huruf hijaiyah.

Ada serial animasi anak indonesia yang mengajarkan huruf hijaiyah dengan menyenangkan seperti misalnya serial animasi Riko The Series yang berjudul Mengenal Huruf Hijaiyah. Dijamin anak anak pasti senang. Kalau sudah senang dan suka, ia akan meminta untuk diputar berulang kali. Proses berulang kali akan membuatnya makin mudah dalam mengingat huruf hijaiyah.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

2. Mengajarkannya Secara Rutin

Biasakan usai maghrib, anak belajar huruf hijaiyah. Sesekali selingi dengan hafalan surah pendek yang dibacakan berulang kali. Tapi ajarkan dengan baik, dan tidak marah-marah, ya. Jangan banyak menuntut anak. Ajari ia dengan pelan dan cara yang baik. Sekarang mungkin ia hanya mendengar dan menyimpannya dalam memori, nanti pada waktunya ia akan bisa membacanya.

3. Bermain Sambil Belajar

Belajar huruf hijaiyah juga bisa dilakukan dengan permainan yang asyik dan menyenangkan. Beberapa permainan yang bisa dicoba ialah:

  • Membuat Puzzle Huruf Hijaiyah: Potonglah sebuah kertas berisi satu huruf hijaiyah. Kalau bisa satu huruf dibagi dua bagian saja. Pastikan hurufnya tebal, dan memiliki visual menarik. Agar anak mudah menyatukan setiap potongannya. Ketika anak berhasil menyatukan potongan potongan huruf. Minta ia untuk menyerukan setiap hurufnya.
  • Membaca Huruf Hijaiyah Sambil Bertepuk Tangan : Ajaklah anak bertepuk tangan sambil membaca huruf hijaiyah. Misalnya huruf ba. Ba..prok..prok..prok.. dan seterusnya.

4. Sering Menunjukkan Huruf Hijaiyah

Tempellah sebuah poster huruf hijaiyah yang besar di ruang keluarga anda. Poster tersebur haruslah yang menarik perhatian. Berwarna warni, ada karakter kesukaannya. Atau setiap huruf ada gambarnya. Jadi memudahkan anak untuk mengingat setiap huruf. Misalnya gambar huruf alif ada pohonnya, huruf ba ada gambar bebeknya dan sebagainya.

Itu dia empat cara mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak. Ingat, lakukan dengan menyenangkan dan sesuaikan dengan setiap karakter anak. Kalau anak sukanya mendengar, maka perdengarkan dengan nyanyian. Jika anak suka melihat, tunjukkan huruf dengan visual yang menarik. Selamat mencoba. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah agar dimudahkan setiap proses pembelajaran ya.