Fakta Menarik Pisang

Fakta Menarik Pisang

Tanaman pisang merupakan tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat. Tidak hanya buahnya saja, namun tanamannya juga. Bonggolnya memiliki manfaat, bahkan daunnya juga. Bonggol bisa diolah hingga menjadi sayuran yang bisa dimakan, daunnya bisa menjadi pembungkus makanan, dan bunga pisang yang dikenal dengan sebutan jantung pisang juga bisa diolah menjadi sayuran. Luar biasa, tanaman pisang bisa dimanfaatkan untuk berbagai banyak hal. Ternyata tidak hanya itu, buah pisang memiliki banyak manfaat dan ada beberapa fakta menarik mengenai pisang. Berikut fakta menarik pisang:

  1. Pisang mampu membantu mengganti elektrolit yang hilang dari tubuh serta mampu menurunkan tekanan darah lewat kandungan kalium yang dimiliki pisang. Hal ini sesuai anjuran American Heart Association (AHA) yang menganjurkan penderita hipertensi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium yang tinggi karena kalium memiliki peran menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar natrium yang ada di dalam tubuh. Namun, pisang tidak akan bekerja efektif sendirian, tentu harus ada usaha lain seperti menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat.
  2. Pisang mengandung serat tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan serat setiap orang sekitar 23 persen. Serat ini sangat diperlukan oleh tubuh, bagi pria di bawah usia 50 tahun diperlukan 38 gram per harinya sedang perempuan sebanyak 25 gram per harinya. Serat ini penting untuk melancarkan saluran cerna dan menjaga pergerakan usus.
  3. Negara yang paling banyak menyukai pisang adalah Negara Uganda, yang setiap orangnya mengkonsumsi pisang sebanyak 227 kilogram pada setiap tahunnya.
  4. Indonesia menjadi negara yang termasuk kedalam negara penghasil pisang terbesar di Asia karena sekitar 50% produksi pisang Asia berasal dari Indonesia. Kondisi iklim tropis yang dimiliki Indonesia serta tanah yang banyak mengandung humus bisa menjadi salah satu sebab pisang tumbuh banyak di Indonesia bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia
  5. Pisang dapat berbuah kapan saja, tidak memiliki musim panen. Setiap berbuah, bisa menghasil satu hingga tujuh belas sisir dari setiap tandan, namun tergantung jenisnya. Biasanya pada satu tandan pisang tandung satu hingga tujuh sisir, pada pisang ambon lebih banyak lagi yakni tujuh hingga tujuh belas sisir.
  6. Pisang dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan kebutuhan manusia yakni pisang serat, pisang hias dan pisang buah. Pisang serat dimanfaatkan batanya untuk pembuatan tekstil, pisang hias merupakan tanaman hias kemudian pisang buah adalah pisang yang biasa kita konsumsi. Pisang hias dan pisang serat bukan untuk dikonsumsi. Pisang buah yang bisa dikonsumsi memiliki beberapa jenis yakni ada pisang yang bisa dikonsumsi langsung saat buahnya masak seperti pisang kepok dan pisang raja, ada pisang yang harus diolah dulu seperti pisang tanduk dan pisang kapas. Ada juga pisang yang bisa langsung dimakan langsung saat buahnya masak atau juga bisa diolah dulu seperti pisang kepok dan pisang raja. Yang terakhir ada jenis pisang yang bisa dimakan saat masih mentah yakni pisang klutuk yang biasa dibuat rujak.

Selain enam fakta diatas masih banyak lagi fakta menarik mengenai pisang. Dalam Instagram Riko The Series, kita juga bisa menemukan fakta-fakta menarik lain tentang pisang, bahkan buah buah lainnya yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui. Gambar ilustrasi yang penuh warna juga membuat kita bisa lebih mudah mengingat beragam fakta buah di sekitar kita. Semakin kita tahu, maka semakin kita bersyukur atas segala ciptaan Allah SWT.

Baca juga: Fakta Unik Nyamuk