Fakta Menarik Tentang Darah

Fakta Menarik Tentang Darah

Pernahkah kamu terluka? Entah itu karena jatuh dari sepeda, terkena pecahan kaca, tergores pisau atau karena sebab yang lainnya. Yang pasti kita pernah mengalaminya entah itu luka kecil atau terkena luka yang serius. Saat kita terluka, kita akan merasakan sakit. Sakit yang ditimbulkan itu diakibatkan karena adanya kerusakan di jaringan tubuh. Untuk kadar sakitnya akan berbeda-beda tergantung kepada setiap kondisi luka. Saat kita terluka, darah akan keluar. Lalu beberapa menit kemudian, darah akan menggumpal dan menyembuhkan dan menutup luka. Gumpalan darah inilah yang nantinya akan menjadi kopeng ketika luka sudah kering.

Saat pendarahan berhenti, pembuluh darah melebar. Ia mengalirkan darah segar ke arah area tubuh yang terluka. Ini disebut dengan tahap inflamasi. Pada tahap inflamasi tersebut, Sel darah putih bertugas menghancurkan kuman pada area luka, ia juga memproduksi senyawa kimia yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Barulah setelah itu sel-sel kulit yang baru akan tumbuh dan menutup area yang terluka. Kemudian masuk ke tahap proliferatif, tahap pembentukan jaringan parut setelah mengalami luka. Hingga setelah beberapa waktu memasuki tahap pematangan, yang mana jaringan yang rusak bisa pulih, kulit menjadi kuat seperti sebelum luka walau penampakannya sudah tidak sama lagi. Dari tahap tahap ini kita belajar bagaimana hebatnya kinerja darah dalam membantu area terluka menjadi kuat seperti sedia kala.

Seperti pada serial animasi Riko The Series yang berjudul Pahlawan Dalam Tubuh, yang mengingatkan kita kembali betapa darah merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh kita. Hal-hal yang sering kita abai padahal memiliki makna yang besar. Kalau kita rajin mengingat, memperhatikan dan belajar atas apa yang terjadi di sekitar kita maka kita akan lebih mudah untuk bersyukur karena menyadari bahwa apapun di sekitar kita adalah hal yang besar serta menakjubkan. Seperti tentang darah yang peranannya dalam tubuh kita begitu besar. Ada begitu banyak fakta mengenai darah yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut fakta menarik tentang darah:

  1. Darah berperan sebagai alat transportasi dalam tubuh, ia mampu mengangkut oksigen, nutrisi, hormon dan banyak senyawa penting lainnya ke bagian tubuh yang membutuhkan. Darah juga membawa zat sisa yang tidak berguna lagi ke sisem pembuangan.
  2. Darah memiliki beberapa komponen yang setiap komponen nya memiliki fungsi dan tugas masing masing. Beberapa komponen tersebut berupa plasma darah, eritrosit, leukosit, dan juga trombosit.
  3. Penemuan mengenai sistem sirkulasi darah ini ditemukan pada Abad ke 17 oleh Dokter William Harvey yang merupakan seorang dokter di Inggris.
  4. Penemuan mengenai golongan darah ditemukan di awal Abad ke 20 pada 1901 oleh Dokter Karl Landsteiner dari Austria.
  5. Delapan Persen dari berat tubuh manusia ialah darah. Dalam tubuh, ada darah kisaran 4,5 hingga 5,5 liter darah. Dan jumlah darah yang dimiliki orang dewasa dan anak sama.

Itulah beberapa fakta mengenai darah yang mengalir di dalam tubuh kita tanpa henti. Beberapa fakta ini mengungkapkan betapa pentingnya darah dan betapa hebatnya kuasa Allah SWT yang menciptakan segala sesuatunya.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Untuk Bertanggung Jawab