Fakta Unik Nyamuk

Fakta Unik Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga kecil yang memiliki dua sayap bersisik, tubuh langsing dan memiliki enam kaki. Namun, walaupun kecil nyamuk pintar sekali menggigit. Pasti sebagian besar diantara kita pernah merasakan gigitannya yang membuat gatal tau membuat bentol di kulit. Belum lagi dengan suara dengungannya yang kadang sangat mengganggu. Padahal kadang di dalam ruangan gelap. Tapi, nyamuk kok bisa tahu ya dimana keberadaan kita? Ternyata, nyamuk bisa merasakan adanya manusia bahkan dari jarak dengan kisaran 30 meter. Nyamuk bisa merasakannya dari karbondioksida yang kita keluarkan melalui pernapasan kita. Hebat sekali, bukan? Tidak hanya itu, ada banyak fakta unik nyamuk lainnya. Berikut fakta unik nyamuk:

  1. Nyamuk betina yang lebih sering menghisap darah dibanding nyamuk jantan. Hal ini dikarenakan nyamuk betina lebih memerlukan banyak protein yang bisa didapatkan dalam darah untuk bertelur. Tidak hanya menghisap darah manusia, namun juga darah hewan seperti darah kerbau dan tikus yang darahnya memiliki lebih banyak protein.
  2. Beberapa jenis nyamuk bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti misalnya demam berdarah dan juga malaria.
  3. Nyamuk meninggalkan air liur saat menghisap darah. Air liur ini dikeluarkan agar dapat mengantisipasi darah yang dihisapnya membeku. Jika nyamuk sudah kenyang, maka nyamuk akan terbang namun air liurnya akan tertinggal pada kulit yang digigitnya.
  4. Nyamuk memiliki 47 gigi dan 100 mata di kepalanya. Kita memang tidak bisa melihatnya langsung karena ukurannya sangat kecil, dengan bantuan mikroskop baru kita bisa melihatnya.
  5. Menurut data American Mosquito Association (AMCA)  terdapat 3.000 spesies nyamuk di seluruh dunia, dan 457 diantara 3.000 spesies tersebut bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Walaupun beberapa diantaranya diketahui tidak menggigit namun kisaran tiga spesies nyamuk dikenal sebagai penyebab dari penyakit berbahaya. Termasuk nyamuk aedes, nyamuk culex dan nyamuk anopheles.
  6. Nyamuk tidak bisa hidup dengan waktu yang lama. Rata rata seekor nyamuk dapat bertahan hidup dalam waktu sepuluh hingga 56 hari itu tergantung berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya umur nyamuk adalah: spesies nyamuk, jenis kelamin (nyamuk betina hidup lebih lama dibanding nyamuk jantan), kondisi cuaca dan iklim serta predator alami di lingkungan.
  7. Walaupun nyamuk memiliki hidup yang singkat, namun nyamuk bisa menyelesaikan setiap proses tahapan siklusnya. Siklus hidup nyamuk membutuhkan delapan hingga sepuluh hari sejak proses telur hingga menjadi dewasa.
  8. Nyamuk menggigit menggunakan belalai yang berbentuk tabung dan tajam seperti jarum yang mampu menembus kulit manusia. Nyamuk tidak memiliki gigi.
  9. Nyamuk biasanya tidak terbang jauh, nyamuk bahkan tidak melewati satu mil dari habitatnya untuk mencari makan.

Masih banyak fakta unik nyamuk lainnya. Kamu juga bisa mengikuti Instagram Riko The Series dan membaca beberapa fakta unik mengenai binatang lewat tagar #InfoHewanQuran, dengan membaca, wawasan kita bertambah dan menyadarkan kita bahwa apa yang ada di sekeliling kita bukanlah hal biasa melainkan hal menakjubkan yang semuanya adalah hasil dari ciptaan Allah Yang Maha Kuasa.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Darah