Ini Bedanya Copyright, Trademark dan Paten

Ini Bedanya Copyright, Trademark dan Paten

Banyak orang yang menganggap copyright, trademark juga paten adalah hal yang sama. Padahal, setiap tiga istilah ini memiliki makna juga kegunaan yang berbeda-beda. Seseorang yang memiliki suatu karya, baiknya memahami dengan betul tiga istilah ini.

Mempelajari tiga hal ini sangat penting,karena sebuah karya layak dilindungi. Dengan memahami tiga hal ini, si pencipta karya bisa menentukan langkah yang tepat untuk menjaga karyanyan dari tindakan kecurangan seperti misalnya plagiat. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai copyright, trademark maupun paten:

Copyright dalam bahasa indonesia berarti hak cipta. Copyright digunakan oleh si pencipta karya untuk melindungi barangnya dari ancaman penjiplakan dari produsen lain. Dengan adanya copyright, tidak hanya menjamin barangnya terlindungi dari jiplakan namun juga memiliki perlindungan penuh dan utuh terhadap produknya.

Copyright merupakan istilah yang sudah sangat familiar kita dengar. Bahkan dalam menggunakan media sosial. Misalnya saja media sosial Youtube. Jika kita ingin membuat sebuah video namun menggunakan latar belakang instrumen musik orang lain yang memiliki hak cipta. Bisa bisa kita mendapat banyak hukuman seperti video yang ditakedown, penghapusan akun atau bisa saja diproses hukum.

Copyright yang dilambangkan dengan huruf c yang diberi lingkaran ini juga menunjukkan sebuah hak ekslusif seorang pencipta karya. Hak cipta memiliki banyak bentuk seperti misalnya informasi, karya, suara maupun juga gambar.

Sehingga, jika ada orang lain yang menjiplak. Maka, bisa diproses hukum. Kelebihan lainnya, dengan memiliki hak cipta bisa mendapat keuntungan berupa royalti. Selain itu, seseorang yang memiliki hak cipta memiliki hak untuk memperjualbelikan karyanya, mengedarkan, atau mengadaptasi karyanya terdahulu. Contoh copyright seperti brand Riko The Series yang dimiliki oleh Garissepuluh.

Baca juga: Ilmuwan Muslim Penemu Pesawat Terbang

2. Trademark

Trademark dalam bahasa indonesia ialah merek dagang. Trademark ini memang sering sekali dipersepsikan sama dengan copyright. Padahal jelas berbeda. Trademark merupakan sebuah tanda pembeda yang menjadi sebuah penanda identitas yang membedakan dengan ciptaan lainnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek "Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan barang-barang sejenis lainnya". Dengan begitu, adanya trademark ini mampu mengenalkan sebuah ciri khas pada sebuah karya.

3. Paten

Paten merupakan hak ekslusif yang diberikan oleh Negara kepada seseorang atau badan usaha  terhadap hasil dari ide yang dituangkan kedalam sebuah karya maupun produk dalam bidang teknologi. Hak ini diberikan dalam jangka waktu 20 tahun yang terhitung sejak awal penerimaan.

Itu dia tiga hal mengenai copyright, trademark juga paten. Melindungi sebuah karya memang sangatlah penting. Di Indonesia sendiri, ada undang undang mengenai perlindungan hak cipta. Hal itu bisa kita temukan pada  UU No. 28 t 2014. Orang yang melanggar peraturan hak karya ini dapat terkena sanksi hukuman, mulai dari denda ratusan juta rupiah hingga hukuman penjara maksimal lima tahun.