Inilah 5 Manfaat Memeluk Anak

Inilah 5 Manfaat Memeluk Anak

Anak adalah anugerah yang luar biasa besarnya. Memiliki anak membuat kita menjadi seseorang yang berharga. Bagaimana tidak? Mulai dari dalam janin, hingga ia lahir kedunia, orangtua adalah sosok yang paling ia butuhkan.

Karenanya sosok ibu dan juga ayah menjadi sangat berharga, apapun dan dimanapun anak membutuhkan orangtuanya. Karenanya, sebagai orangtua sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan anak agar ia menjadi anak yang tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia. Tidak hanya memenuhi kebutuhan sandang pangannya, namun lebih luas dari itu. Orangtua juga harus memikirkan bagaimana kondisi psikis anak. Hal itu sangat penting dilakukan, karena saat anak terbutuhi segala kebutuhannya, ia akan tumbuh dengan baik. karenanya, jangan sepelekan pentingnya memberikan anak perhatian yang menunjukkan rasa kasih dan sayang.

Menunjukkan rasa kasih dan sayang kepada anak bisa dengan berbagai cara, misalnya dengan memeluk. Selain menunjukkan rasa kasih dan sayang, memeluk ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut lima manfaat memeluk anak:

1. Memperbaiki Mood Anak

Pelukan dapat mengurangi stres dan cemas yang dimiliki anak. Apalagi, anak belum bisa mengontrol emosinya dengan baik. Ketika anak merasa tertekan, anak menjadi kesulitan tidur, sulit fokus, menjadi tidak bersemangat dan tidak berenergi. Dengan memberikan anak pelukan, bisa membuat ia nyaman, tenang, sehingga mengurangi hormon stres pada anak dan melepaskan hormon yang bisa membuat anak tenang. Tentunya, hal itu akan berpengaruh pada mood anak. Jika anak memiliki tantrum sekalipun, bisa diredakan dengan memberikan pelukan yang hangat.  Karena saat anak mengamuk atau juga marah bukan semata-mata karena anak memiliki sifat yang keras kepala namun ia hilang kendali atas emosinya.

Sama seperti cara kerja mobil, pedal gas dan rem memiliki cara kerja yang terpisah dalam mengontrol kecepatan. Begitu juga dalam sistem saraf, cabang gairah dan juga cabang menenangkan berbeda dalam mengendalikan emosi. Ketika anak terus terusan menangis, cabang gairahnya terlalu aktif dan cabang menenangkannya kurang aktif. dengan memberikannya pelukan, mampu membantu menenangkan saraf, menghindari kecelakaan emosional sehingga dapat menghilangkan rasa cemas yang ada dan mengurangi kadar stres. Nah, karena ada begitu banyak manfaat yang dimiliki dari memeluk anak, maka jangan sepelekan ya. Apalagi menganggap anak manja ketika ia meminta pelukan.

2. Mempererat Ikatan Orangtua dan Anak

Memeluk anak membuat hubungan makin erat. Anak akan merasa dilindungi, merasa disayang, juga merasa diperhatikan saat kita rajin memberikannya pelukan. Tidak ada jumlah pasti berapa kali harus memeluk anak. Namun, jangan ragu jika ingin sering memberikan anak pelukan. Memberikan anak pelukan tidak lantas membuat anak menjadi manja, kok.

Memberikan anak pelukan artinya memberikan anak rasa nyaman, dan memberi tahu dirinya bahwa kita menyayanginya sepenuh hati. siapa yang tidak senang disayang sepenuh hati? kita saja ingin, bukan? Nah, saat anak menerima sinyal kasih sayang dari pelukan orangtuanya, tentu hal tersebut membuat anak dan orangtua makin erat, makin sayang, dan percaya satu sama lain.

Baca juga: 5 Cara Islami Mendidik Anak di Era Digital

3. Membuat Anak Menjadi Lebih Pintar

Siapa sangka memeluk anak dapat membuat anak menjadi lebih pintar. Kelihatannya, memang tidak ada hubungannya, ya. Padahal hal itu benar adanya. Memang, memeluk anak tidak lantas meningkatkan IQ anak. Namun, dengan rutin memberikan anak pelukan mampu memaksimalkan cara kerja serta perilaku dari sang anak. hal itu karena memeluk anak merupakan sentuhan fisik yang merupakan stimulasi penting bagi anak. Hal itu dikuakan dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa pelukan dapat menciptakan stimulasi positif untuk otak tumbuh sehat.

4. Menjadikan Anak Pribadi Yang Penyayang

Anak yang sering diberikan pelukan tidak terbatas manfaatnya, bahkan juga mampu membentuk kepribadian anak yang penyayang. Nah, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih penyayang, memiliki empati, menyembuhkan rasa marah, memenuhi kesepian karena pelukan mampu mentransfer energi positif.

5. Membuat Anak Lebih Cepat Sembuh Saat Sakit

Memberikan anak pelukan juga membuat efek pada daya tubuh sang anak. Penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon menyatakan bahwa orang yang sakit diberikan pelukan akan lebih cepat sembuh dan gejala yang dimiliki ringan. penelitian lain juga menyebutkan bahwa pelukan dapat memperlancar aliran darah.

Nah, itu dia Lima Manfaat Memeluk Anak. Selain lima hal tersebut, memeluk anak juga dapat membuat anak lebih bahagia. Karenanya jangan sungkan memberikan anak pelukan. Yang belum memeluk anak hari ini, yuk jangan lewatkan kesempatan memeluk anak ya.