Kiat Agar Bersegera Untuk Shalat

Kiat Agar Bersegera Untuk Shalat

Apa yang sebaiknya dilakukan saat adzan berkumandang? Setiap muslim saat panggilan shalat telah datang, meninggalkan segala aktivitas yang sedang dikerjakan dan langsung bergegas untuk shalat berjamaah di masjid. bahkan lebih baik jika kita mempersiapkan diri lebih awal. Sehingga pikiran kita bisa lebih fokus. Sebelum melangkahkan kaki ke masjid, alangkah baiknya berwudhu di rumah terlebih dahulu karena setiap langkahnya akan dapat menghapuskan kesalahan dan langkah dari kaki lainnya akan meninggikan derajat.

Namun, walaupun harus bergegas shalat saat sudah tiba waktunya bukan berarti kita harus tergesa gesa karena Nabi SAW menganjurkan kita untuk bersikap dengan tenang. Berjalan menuju ke masjid sambil berzikir, kemudian jika belum datang waktu iqamah, melakukan shalat tahiyatul masjid, lalu menunggu iqamah dengan fikiran yang fokus untuk Allah SWT. Melaksanakan shalat di awal waktu merupakan amal shaleh yang paling utama. Karenanya, kita harus berusaha untuk bisa berkomitmen melaksanakan shalat di waktu yang tepat. Berikut beberapa kiat agar bersegera untuk shalat.

  1. Ingatkan diri setiap adzan berkumandang bahwa Allah SWT ingin bertemu, Betapa banyak nikmat yang Allah SWT berikan, maka sudah semestinya kita semangat untuk melaksanakan shalat. Terkadang, kita merasa shalat itu hanya rutinitas yang dikerjakan begitu saja. Tidak ada rasa wah dan perasaan yang spesial yang mungkin saja diakibatkan karena anggapan kita terhadap shalat hanya sebatas rutinitas setiap muslim. Padahal lebih dari itu, shalat itu merupakan kebutuhan hidup kita. Karenanya mengingatkan diri berulang kali mengenai pentingnya shalat, kedudukan Allah SWT yang paling tinggi dari apapun, dan bahwa kita tidak bisa apa-apa tanpa Allah SWT, Insya Allah akan memacu kita untuk selalu memprioritaskan ibadah shalat.
  2. Pasanglah aplikasi pengingat shalat di handphone  karena terkadang kita sedang berada di tempat yang tidak terdengar suara adzan ataupun sedang sangat fokus melakukan suatu aktivitas sehingga tidak sadar waktu terus berjalan. Dengan adanya aplikasi pengingat ini, kita bisa menyetel beberapa menit pengingat berdering lebih awal sebelum adzan agar kita bisa bersiap-siap menyudahi aktivitas, dan bersiap untuk melakukan ibadah shalat.
  3. Berteman dengan orang-orang yang rajin mengerjakan shalat, agar semangatnya tertular. Karena, terkadang kita sendiri sering tidak mampu menahan godaan untuk tetap melakukan aktivitas, sehingga kita menjadi terbiasa menyepelekan shalat tepat waktu. Dengan adanya teman, kita bisa saling mengingatkan dan mengajak untuk shalat bersama sama.
  4. Tempelkan beberapa pesan yang mampu menjadi pengingat untuk bersegera melakukan shalat. Baik dari firman Allah SWT, Hadits Nabi SAW, maupun kata-kata motivasi yang membuat kita semangat dan gembira untuk melaksanakan shalat tepat waktu.
  5. Seringlah memperbanyak ilmu agama, baik itu dari kajian maupun bacaan. Dengan itu, kita akan makin termotivasi dan memiliki ilmu mengenai pentingnya shalat.
  6. Mulai dari sekarang. Jika waktu adzan telah berkumandang maka tinggalkan aktivitas dan langsung bergegas. Jangan menunggu akan melakukan shalat tepat waktu dimulai dari besok. Jika kita menunda-nunda artinya kita tidak serius dan itu akan sulit untuk bisa komitmen. Karenanya mulai dari sekarang, sesulit apapun ada jalannya. Yang penting niatnya.

Seperti lirik lagu serial animasi Riko The Series yang berjudul Ayo Sholat yang beberapa penggalan lagunya  “Lekas Berwudhu Dirikan Solat, Ayo Teman Jangan Melamun, Yuk Kita Kemasjid Jangan Terlambat, Ingatlah Ketika Rasul Berkata, Solat adalah Tiang Agama, Siapakah Yang Menjalankannya, Allah Akan Selalu Menyayanginya”. MasyaAllah, siapa yang tidak ingin dicintai oleh Allah SWT, semoga kita bisa senantiasa shalat tepat waktu dan bisa menikmati indahnya perjumpaan dengan Allah SWT lewat shalat.

Baca juga: Agar Sekolah Online Tetap Menyenangkan