Mengapa Penting Mengapresiasi Intellectual Property

Mengapa Penting Mengapresiasi Intellectual Property

Intellectual property adalah hal yang begitu bernilai. Ia lahir dari hasil pola pikir manusia. Dengan hasil intellectual property, maka ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan kini. Karenanya, sang pemilik intellectual property memiliki hak untuk melindungi hak kekayaannya. Karena intellectual property begitu bernilai, maka undang-undang pun mengatur secara rinci bagaimana perlindungan intellectual property sehingga tidak ada kesenjangan melainkan memberikan si pencipta sebuah hak ekslusif yang tidak bisa dimiliki orang lain. Beberapa macam intellectual property yang seperti hak cipta, paten, merek dagang maupun rahasia dagang memiliki banyak fungsi yang manfaatnya tidak hanya dirasakan sang si pemilik ciptaan melainkan juga pengguna dari ciptaan tersebut.

Pada kategori hak cipta, kita bisa menemukan salah satu contoh produk yang sangat populer yakni microsoft. Microsoft merupakan produk hak cipta yang telah banyak membantu kita dalam hidup. Seperti menyelesaikan tugas adminstratif, dan bahkan dalam kehidupan sehari sehari seperti membantu pengguna untuk membuat tampilan presentasi yang lebih mudah, mencatat keuangan keluarga, menulis dokumentasi, dan banyak hal lainnya yang banyak membantu dalam kehidupan sehari hari dan juga bisa digunakan dalam perkantoran maupun bisnis. Contoh lainnya seperti serial animasi Riko The Series milik Garis Sepuluh Corporation yang memberikan para penonton suguhan animasi dengan kualitas yang baik dan penuh edukasi serta pelajaran berharga dalam Al-Quran.

Ada juga bentuk intellectual property yang melindungi ekspresi dari ide bukan karya yakni paten. Contohnya algoritma pagerank yang dipatenkan google. Paten tersebut memudahkan pihak-pihak tertentu yang berhak menggunakannya. Dan dapat memproteksi ide tersebut dari pencurian maupun pembajakan. Selain itu pada kategori merek dagang, seperti misalnya nama merek Kentucky Fried Chicken (KFC), dengan merek dagang tersebut, memberikan perlindungan pada KFC agar namanya tidak digunakan oleh pihak lain dan memudahkan pelanggan mengenal produk asli KFC. Sehingga pelanggan yang sudah jatuh cinta dengan produk KFC bisa merasakan makanan itu dengan mudah tanpa terkecoh dan terbohongi dengan nama yang sama padahal rasanya beda.

Selain itu pada rahasia dagang, akan memberikan perlindungan kepada pemilik bisnis seperti pada kategori bisnis makanan agar resepnya tidak sembarang diambil orang. Dengan begitu, konsumen juga bisa merasakan makanan yang spesial dari suatu produk. Dari beberapa contoh tersebut, kita bisa lebih mudah merasakan bagaimana manfaat dari intellectual property ini. Dan tentu, untuk membuat sebuah produk yang memiliki beragam manfaat seperti microsoft tentu butuh proses yang sangat panjang. Atau bagaimana menciptakan animasi yang berkualitas tidaklah mudah. Memikirkan bagaimana ide cerita, menyelipkan sisi sisi positif didalamnya tentu perlu riset dan kolaborasi lainnya yang memakan banyak waktu serta energi.

Dengan melihat begitu besar fungsi dari intellectual property dan bagaimana proses panjang dibelakangnya seharusnya telah membuat kita menyadari betapa pentingnya mengapresiasi intellectual property yang orang lain miliki. Dan dengan itu pula, kita menjadi memahami betapa pentingnya mengapresiasi intellectual property.

Baca juga: Bolehkah Wakaf Intellectual Property?