Mengenal Lebih Dalam Bisnis Intellectual Property

Mengenal Lebih Dalam Bisnis  Intellectual Property

Intellectual property atau kekayaan intelektual merupakan kekayaan yang didapatkan dari kemampuan intelektual manusia. Karya-karya tersebut bisa berupa karya dalam bidang teknologi, seni dan sastra juga ilmu pengetahuan. Karya karya tersebut dihasilkan dengan perjalanan yang panjang melalui tenaga, pikiran, waktu, dan daya cipta. Dengan begitu, intellectual property ini sangat berharga nilainya dan berbeda dengan physical property. Walaupun sama-sama memiliki nilai, ada yang berbeda dari intellectual property yang membuatnya menjadi spesial dan memiliki nilai yang sangat besar bahkan fantastis jika memang terbukti bagus kualitas yang dihasilkannya.

Kita bisa melihat bagaimana aset bumi yang berubah menjadi lebih banyak fungsi dari hasil intellectual property. Seperti bagaimana pemikiran manusia yang mengolah pepohonan menjadi kayu yang bisa menjadi banyak fungsinya seperti pagar, lemari, rumah dan sebagainya. Karya hasil pemikiran yang memberikan banyak nilai manfaat kepada banyak orang. Maka, diperlukanlah suatu perlindungan atas intellectual property dalam rangka memberikan perhargaan maupun memberikan nilai ekonomis kepada kreator melalui beberapa hal seperti:

1. Merek Dagang

Merek dagang merupakan gambar, kata maupun suara khas yang mendefinisikan suatu merek. Sehingga orang mampu mengindetifikasikan siapa pemilik suatu barang maupun jasa tersebut. Merek dagang memiliki beberapa fungsi seperti tanda pengenal yang bisa memberikan batasan pada pihak lain yang ingin membuat merek yang serupa, selain itu merek dagang juga bisa menjadi alat promosi. Apalagi jika ada sesuatu yang unik dan berkesan dari merek tersebut, orang orang akan mudah mengingat merek tersebut bahkan secara tidak langsung.

Merek dagang juga bisa berfungsi sebagai jaminan kualitasnya. Jika merek tersebut memiliki pelayanan, potret sosial serta produk yang baik, yang memberikan banyak kesan baik kepada masyarakat  akan memberikan kemudahan dalam mengingat merek tersebut.  Sehingga merek ini dapat disimpulkan menjadi elemen yang sangat penting dalam bisnis. Dengan besarnya peranan merek, tentunya harus ada usaha yang besar dalam membangun merek yang baik sehingga dikenal dan diakui. Seperti contohnya bisnis air mineral yang bisa diingat hanya dengan mendengar lagunya yang fenomenal, yakni brand Aqua.

2. Paten

Paten merupakan sebuah hak ekslusif dalam membuat, menggunakan maupun menjual sebuah penemuan. Dengan adanya paten, dapat menghentikan orang lain melakukan suatu hal terhadap karya yang telah kita daftarkan patennya hingga tenggat waktu habis. Paten memiliki tiga jenis yakni kegunaan, desain dan juga pabrik yang ketiganya mampu melindungi setiap jenis penemuan. Paten bisa didaftarkan dengan mengajukan paten sederhana terlebih dahulu yang waktu permohonan dan pemeriksaan substansifnya lebih cepat dibanding dengan paten. Contoh paten di indonesia yakni Auronautika, formula untuk menghitung keretakan pesawat dengan baik, bahkan hingga atom-atomnya yang ditemukan oleh Bapak Bj Habibie.

Baca juga: 8 Fakta Intellectual Property Rights

3. Hak cipta

Hak cipta merupakan perlindungan yang bisa melindungi kreasi asli si pembuat karya. Contoh contoh hak cipta seperti misalnya tulisan, perangkat lunak. Maupun musik. Dalam berbisnis, hak cipta tentu sangat diperlukan untuk memproteksi karya dari curian maupun penjiplakan yang dilakukan pihak lain. Hak cipta memiliki hak eksklusif yakni memiliki hak moral serta hak ekonomi didalamnya. Hak eksklusif ini bisa didapatkan oleh pencipta, atau pemegang hak cipta yang telah sah. Seperti misalnya serial animasi Riko The Series milik Garis Sepuluh corp serta dalam produk turunannya berupa merchandise yang dijual pada rikommerce memiliki hak cipta yang memberikan nilai ekonomis kepada pencipta karya maupun kepada pemegang hak cipta yang mendapat sebagian hak eksklusifitas.

4. Rahasia dagang

Rahasia dagang merupakan informasi seperti misalnya resep, proses maupun teknik yang memiliki perbedaan yang menunjukkan keunggulan dibanding dengan bisnis lainnya seperti misalnya resep rahasianya ayam goreng KFC. hal ini tentu penting sekali diproteksi apalagi pembuatan suatu resep itu memerlukan proses yang tidak mudah dan panjang. Karenanya, diperlukan rahasia dagang agar pihak lain tidak mengambil resep dagangan orang lain.

Itu dia beberapa hal mengenai bisnis intellectual property yang sebenarnya cakupannya luas sekali dan datang dari berbagai aspek kehidupan. Dengan mengenal lebih dalam bisnis intellectual property, semoga kita bisa lebih mengapreasi setiap karya yang telah diciptakan.