Peran Serta Fungsi Intellectual Property Rights

Peran Serta Fungsi Intellectual Property Rights

Intellectual Property Rights merupakan bagian penting dalam sebuah negara dalam menjaga keunggulan industri. Menurut Munaf (2001), Intellectual Property Rights memiliki peranan yang sangat penting, antara lain: Sebagai alat persaingan dagang, terutama bagi negara maju agar tetap dapat menjaga posisinya menguasai pasar internasional dengan produk barangnya, sebagai alat pendorong kemajuan IPTEK dengan inovasi-inovasi baru yang dapat diindustrikan; dan juga alat peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat, khususnya para peneliti yang mempunyai temuan yang diindustrikan yaitu dengan mendapatkan imbalan berupa royalti.

Sistem dari Intellectual Property RIghts (IPR) tidak lepas dari tumbuh kembangnya perekonomian dunia. Coba perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari kita yang tidak lepas dari peranan intelektualitas manusia. karya-karya dari manusia yang begitu hebat telah menciptakan suatu program kerja yang lebih cepat dan efisien. Misalkan saja, peralatan rumah yang kita miliki. Itu merupakan hasil dari pemikiran seseorang yang telah membantu kita beraktivitas dengan lebih mudah. Mungkin, kalau tidak ada hasil pemikiran mengenai inovasi mesin cuci, maka kita akan selalu menghabiskan banyak waktu untuk menyikat baju, mengeringkannya secara manual. Hal itu tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dan energi yang lebih besar.

Dari ilustrasi tersebut, sekiranya kita dapat memahami lebih mudah betapa besarnya peranan intellectual property dalam kehidupan sehari hari. Dengan melindungi intellectual property seseorang melalui intellectual property rights maka akan memberikan penghargaan serta intensif kepada pencetus ide sebagai apresiasi dan juga modal untuk mengembangkan penemuannya menjadi lebih baik. Selain memiliki hak ekonomi, penghasil karya juga bisa mengabadikan integritasnya atas karya yang telah ia ciptakan. Sehingga manfaat sosial bisa dirasakan dalam bentuk penyebarluasan juga dukungan Negara terhadap pengembangan sistem dari intellectual property rights itu sendiri.

Baca juga: Alasan Mengapa Harus Menjaga Intellectual Property

Selain itu, ada manfaat sosial dalam bentuk-bentuk penyebarluasan, pengkayaan, dan dukungan yang diberikan oleh Negara terhadap pengembangan sistem HKI. dengan begitu, harapannya sistem ini menumbuhkan motivasi baru sehingga melahirkan banyak pencipta karya karya baru yang mampu menebar banyak manfaat lagi.  Apalagi jika kita perhatikan, dalam dunia penelitian ada syarat kebaruan yang diterapkan dalam sistem Paten. Sehingga riset yang dilakukan harus terus diperbarui mengikuti perkembangan teknologi dan juga tuntutan pasar. Hal ini memberikan dampak positif bagi kita semua karena mendapat informasi terbaru dan bisa melihat bagaimana perkembangan yang terjadi kini karena tuntutan agar penelitian riset harus selalu diperbaharui.

Semakin mendalami intellectual property, semakin kita memahami pentingnya sebuah karya yang dihasilkan manusia. Melalui Intellectual property rights dapat menjadikan karya karya tersebut menjadi sebuah aset yang tak memiliki wujud namun tak kalah berharga dengan aset yang memiliki wujud. Tidak hanya itu, dengan adanya IPR dapat menjadi pengembangan pemasukan suatu industri baik itu melalui lisensi, penjualan, atau juga komersialisasi IPR.