Potensi Intellectual Property di Indonesia

Potensi Intellectual Property di Indonesia

Intellectual property atau kekayaan intelektual merupakan hak yang timbul dari pemikiran maupun ide seseorang yang diwujudkan dalam sebuah produk maupun pada suatu proses yang memiliki banyak kegunaan bagi umat manusia. Hak ini didapatkan seseorang untuk mendapat kewenangan terhadap hasil ciptaan yang ia miliki seperti misalnya mendapat nilai ekonomis dan banyak hal lainnya yang telah dijamin oleh Negara. Selain memberikan keuntungan kepada si pembuat suatu hasil ciptaan namun juga memiliki peranan yang cukup besar bagi Negara yakni bisa memberikan jalan baru ekonomi Indonesia.

Intellectual Property penting untuk dikembangkan apalagi selama pandemi ini pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang mengalami pertumbuhan harus merasakan defisif neraca dagang. Karenanya melalui intellectual property, industri yang memiliki nilai yang tinggi serta berkemampuan menjadi harapan untuk pergerakan ekonomi indonesia menjadi lebih baik lagi. Berikut beberapa alasan mengapa intellectual property di Indonesia memiliki potensial ialah:

  1. Industri intellectual property memiliki nilai serta skalabilitas yang tinggi. Selain itu ia juga fleksibel dikarenakan sifatnya tidak memiliki wujud. Sehingga banyak yang bisa dikerjakan secara remote. Jadi walaupun kini aktivitas diluar menjadi terbatas, tetap tidak membatasi ide kreativitas dan penciptaan karya karya baru maupun pengembangan dari karya yang sudah ada dalam memberikan banyak manfaat kepada banyak pihak.
  2. Intellectual property di Indonesia sangatlah potensial, bisa dilihat dari beberapa prestasi yang belakangan terjadi. Seperti salah satunya industri animasi indonesia yang telah bekerja sama dengan Negara Korea. Dapat juga dilihat dari banyaknya animasi animasi karya anak bangsa yang memiliki kualitas yang bagus seperti misalnya Riko The Series, animasi milik Garis Sepuluh yang fokus pada penanaman karakter serta edukasi quranic science lewat tayangannya.
  3. Indonesia juga memiliki kemampuan produksi yang tinggi. Dapat kita lihat contohnya pada brand brand terkenal seperti misalnya Zara, Uniqlo yang aktivitas industrinya juga dilakukan di Indonesia.
  4. Indonesia memiliki modal dasar dalam bersaing di bidang intellectual property. Sehingga perlu perhatian lebih terhadap intellectual property ini, karena bisa menjadi roda perekonomian baru indonesia yang mampu membawa Indonesia pada ekonomi yang lebih baik
  5. Indonesia memiliki banyak sumber daya untuk intellectual property seperti misalnya dalam bentuk indikasi geografis. Ok Saidin, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara menyatakan bahwa ia melihat peluang pada indikasi geografis. Bahkan peluang itu sangatlah besar pada kompetisi global. Ia juga yakin bahwa pemenang kompetisi bisnis internasional adalah mereka yang mendominasi pemegang hak kekayaan intelektual dan ilmu pengetahuan. Indonesia harus bisa memasuki kompetisi global dengan persiapan yang matang, termasuk memanfaatkan peluang-peluang yang ada: indikasi geografis dan pengetahuan tradisional, karena terbuka peluang memperbaikinya menjadi paten (to improve it to become patent)

Baca juga: Intellectual Property dan Physical Property

lima hal diatas yang menjadi alasan mengapa Indonesia memiliki potensial dalam intellectual property tersebut dapat menjadi suntikan semangat baru bagi pemerintah dan masyarakat untuk bergerak bersama membangun ekonomi lewat intellectual property dengan perasaan optimis.