Produk Turunan Intellectual Property

Produk Turunan Intellectual Property

World Intellectual Property Organization (WIPO) mendifinisikan istilah intellectual property yakni; merupakan karya orisinil yang dibuat untuk tujuan komersial. Hal ini menunjukkan bahwa intellectual property tidak hanya sebatas penciptaan sebuah karya namun juga tentang bisnis. Hal itu membuat intellectual property memiliki produk turunannya. Beberapa contoh produk turunan intellectual property ialah:

1. Merchandise

Wujud dari merchandise bisa berupa goody bag, tempat minum, gantungan kunci, pulpen, notebook dan beragam benda lainnya yang sering sekali kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Bahkan, kini sedang marak produk turunan intellectual property kita temui di merchandise masker. Masker selain berguna untuk menghindari polusi udara, mencegah penyebaran maupun penularan suatu penyakit namun juga ternyata kini menjadi item yang melengkapi gaya berpakaian seseorang.

Penjualan merchandise tidak hanya untuk meraup keuntungan. Namun juga mampu menjadi strategi marketing suatu perusahaan dalam mempromosikan perusahaan mereka. Karena kita akan membeli produk yang dipakai sehari-hari, maka akan lebih mudah mengenalkan produk intellectual property dalam bentuk merchandise. Kadang, merchandise juga menjadi bonus yang diberikan pada acara acara tertentu.

2. Apparel

Apparel atau pakaian juga termasuk produk turunan intellectual property juga bisa dalam wujud Apparel. Seperti produk intellectual property milik Garis Sepuluh Corp dalam bentuk baju kaus anak anak yang dijual di rikommerce. Dengan bahan premium serta karakter yang menonjol di kausnya menjadi daya tarik sendiri bagi pembeli. Belum lagi adanya barcode di baju kaus Riko yang menjelaskan mengenai setiap gambar karakter di baju kaus yang mengilustrasikan ilmuwan muslim dunia.

Baca juga: Rikommerce, Toko Merchandise Resmi Riko The Series

Sehingga baju tersebut memiliki banyak fungsi. Selain itu, menjual produk intellectual property dalam bentuk pakaian ternyatan memiliki peranan yang sangat penting.  Jen Bartel, illustrator DC dan MARVEL menyatakan bahwa Fashion merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangun koneksi dengan pembaca. Sehingga, mendesain maupun menjual pakaian terkait IP yang sesuai dengan tren kekinian sangat baik bagi perkembangan karya yang kita buat.

3. Film

Dalam film, juga sering kali kita temui produk turunan dari intellectual property. Seperti misalnya serial animasi Riko The Series yang digarap Garis Sepuluh Corp. tayangan serial animasi tersebut merupakan produk turunan dari intellectual property. Contoh lainnya seperti film-film produksi Marvel.

4. Mainan

Beberapa contoh produk turunan intellectual property dalam bentuk mainan seperti yang biasa kita temui di McDonalds misalnya yakni set mainan Happy Meal. atau action figure yang dijual di Bioskop. Apalagi di Indonesia ada konvensi seperti konvensi yang diselenggarakan khusus bagi pecinta mainan dan komik, yakni Jakarta Toys & Comics Fair.

5. Taman

Pernah mendengar nama Taman NKCTHI? Taman yang berada di New Jogging Track Bintaro Jaya Xchange Mall merupakan hasil kolaborasi antara BXc Mall (Bintaro Jaya Xchange Mall) dan NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini). nah ini merupakan salah satu produk turunan intellectual property dalam bentuk taman.

Selain ke lima hal tersebut, ada banyak produk turunan intellectual property lainnya seperti misalnya buku yang berupa novel, kucer alias kumpulan cerpen, kumpulan puisi, sketchbook, notebook dan banyak lainnya.