Tips Agar Tegar Dalam Menghadapi Masalah

Tips Agar Tegar Dalam Menghadapi Masalah

Masalah adalah sebuah kata yang menggambarkan sebuah keadaan yang rumit, keadaan yang tidak diinginkan, maupun keadaan yang membingungkan. Masalah hadir dengan berbagai macam bentuknya yang seringkali membuat orang menjadi pusing tujuh keliling, menimbulkan rasa sedih berkepanjangan hingga stress karena tak kunjung mendapat jawaban dari persoalan. Oleh karena itu, kita akan berbagi cara supaya tegar dalam menghadapi masalah.

Tiada pelangi tanpa air hujan. Sama halnya dengan masalah, masalah tak datang sendirian. Setiap masalah yang datang, pasti mengajarkan sesuatu hal baru yang bernilai. Bahkan sekecil apapun masalah itu. Karenanya, kita perlu sikap tegar saat menghadapi masalah. Tetap tegar saat masalah datang memang tidak mudah. Tapi, tidak mudah bukan berarti tidak bisa, kan? Berikut merupakan beberapa tips agar kita tegar dalam menghadapi masalah:

1. Selalu Ingat Kalau Kita Punya Allah

Sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah SWT, tentu segala sesuatunya itu diserahkan kepada Allah SWT. Kenapa? Karena Allah lah yang menciptakan semua hal termasuk salah satunya ya masalah yang sedang kita miliki. Allah yang memberikan masalah, dan Allah juga yang akan memberikan ‘sesuatu’ sebagai imbalan dari masalah tersebut.

Karenanya, langkah pertama kita saat dihadiahkan masalah ialah mengharap dengan sungguh-sungguh padaNya agar dibukakan pintu keluar dari masalah, atau kata lainnya ialah berdoa. Ya, berdoa ialah senjata ampuh umat muslim. Selain meminta kepadaNya jalan keluar serta ketegaran dalam menghadapi masalah, berdoa mampu menenangkan hati yang sedang gundah. Oleh karenanya, apapun masalahnya, ingatlah kita punya Allah yang gak akan pernah ninggalin hambaNya.

Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Penggunaan Internet Untuk Anak

2. Percaya Bahwa Masalah Milik Semua Orang

Saat masalah datang, seberat apapun masalahnya, pastikan kamu sadar bahwa kamu tidak sendirian. Percaya bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang diberikan masalah. Jadi, jangan pernah merasa menjadi sosok yang paling menderita. Karena siapapun pasti punya masalah. Ingat ya, PASTI. Dengan mengetahui bahwa setiap manusia pasti punya masalah mampu membuat kita menjadi lebih tegar dan bisa menenangkan diri sendiri.

3. Ingat Bahwa Hidup Terus Berjalan

Hidup terus berjalan, masalah tidak selamanya ada, kok. Hari ini mungkin terasa berat, tapi insyaAllah akan ada hari esok. Jangan terpaku pada masalah itu saja. Nikmati segala proses dalam hidupmu. Lagipun, masih banyak hal yang bisa disyukuri, bukan? Ingatlah hal-hal baik yang kita miliki karena nyatanya itu ampuh untuk meredakan rasa sedih karna sebuah masalah. dan tentunya, mampu menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih tegar.

4. Percaya Jika Masalah Mampu Meningkatkan Keimanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita mengingat Allah hanya ketika masalah datang. Karenanya, kehadiran sebuah masalah mampu menjadi pengingat bahwa kita ini manusia lemah, tidak punya kuasa apapun sehingga masalah menjadi bahan muhasabah diri untuk menjadi hamba yang lebih dekat denganNya.

Itulah beberapa Tips Agar Tetap Tegar Dalam Menghadapi Masalah yang bisa diaplikasikan saat masalah sedang menyapa hidupmu. Masalah yang akan melengkapi cerita hidupmu sudah seharusnya disikapi dengan sikap tegar dan sabar. Jangan terlalu berharap masalah akan cepat berlalu dengan sendirinya, tapi berjuanglah untuk menemukan jawabannya dan raihlah hal-hal indah yang tak terduga.

Tidak perlu menerka apa jawabannya, cukup yakinkan saja bahwa ia datang bukan untuk menyakiti, bukan untuk membuatmu berhenti bahagia, bukan untuk menjadikanmu pribadi yang buruk, bukan untuk menyengsarakan hidupmu, bukan untuk mengacaukan cerita bahagia hidupmu. Namun, ia datang untuk mengajarkan sesuatu yang indah dengan cara yang pahit agar setiap kebahagian yang diberikan lebih terasa nikmatnya. Jadi, tegarlah saat menghadapinya.