Tips Agar Tidak Gampang Menyerah

Tips Agar Tidak Gampang Menyerah

Memiliki sikap yang tidak mudah menyerah adalah sikap optimis yang patut dimiliki. Dalam hidup, kita akan menemukan banyak rintangan dan tantangan. Rasa sedih, kecewa, gundah, bingung, khawatir mungkin akan ikut menemani hari hari yang penuh liku. Namun, hari buruk akan berlalu. Ya, seperti malam yang akan menuju pagi. Malam akan berlalu dan pagi akan datang. Perjalanan yang tidak mudah untuk kita lalui selalu menyimpan rahasia besar untuk kita. Ya, kadang tanpa kita sadari ujian kehidupan telah mengubah kita menjadi pribadi yang berbeda, pribadi yang kian tangguh dan hebat.

Kadang, kita tidak sabar saat menghadapi suatu masalah. Kita ingin segera menyelesaikannya dengan cepat dan instan. Padahal semuanya adalah proses. Masalah akan membuat kita tumbuh berkembang, seperti dunia yang kian berkembang. Zaman dahulu orang mungkin tidak bisa membayangkan seberapa mudahnya mendapatkan informasi seperti saat ini. Ya, apapun informasi yang kita butuhkan kini kita bisa mencarinya di internet bahkan kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan menyenangkan. Seperti saat kita ingin mencari edukasi dalam sebuah tayangan, kita bisa menonton Riko The Series yang tayang di youtube dari handphone. Dari sana, dengan mudahnya kita belajar. Sedang dulu, seseorang harus berguru dari satu kota bahkan negara untuk mendapatkan ilmu.

Kesulitan yang dirasakan oleh orang pada zaman dahulu membuat mereka mencari berbagai cara untuk bangkit dengan menciptakan banyak solusi solusi baru. Ya, penemuan penemuan orang terdahulu lakukan yang memungkinkan kita dapat dengan mudah mengakses informasi seperti saat ini. Karenanya, kesulitan akan membawa kita kepada jalan baru yang lebih baik. berikut ada beberapa tips agar tidak gampang menyerah:

  1. Memiliki tujuan adalah kunci. Saat kita punya tujuan, kita memiliki alasan untuk tidak berhenti. Saat masalah datang, ingatlah ini bisa dilalui. Sebagai muslim kita percaya pada takdir dan menerima segala sesuatunya yang telah diatur oleh Allah SWT. Karenanya kita tidak pernah lupa untuk beribadah, memohon petunjuknya, dan berdoa dimudahkan segala urusan. Menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT, berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang ingin dituju.
  2. Berpikir luas saat sesuatu terjadi. Ya, kita tidak bisa melihat masalah hanya sebagai masalah. Lihat secara luas sehingga kita bisa menemukan titik positif dari masalah tersebut yang mampu menguatkan kita untuk tetap kuat, bangkit, tidak berlarut dalam kesedihan.
  3. Belajarlah dari pengalaman orang lain. Lihatlah bagaimana oranglain menyelesaikan masalahnya, itu bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk meluruskan benang kusut. Ya benang kusut yang mengibaratkan masalah kamu begitu bercabang dan terasa begitu rumit. Kamu juga bisa meminta saran beberapa orang tepecaya untuk memberikan kamu beberapa opsi saran yang bisa membantumu menyelesaikan masalah dan membantumu untuk tidak menyerah.
  4. Kamu bisa mencoba self talk. Cobalah berbicara dengan dirimu sendiri. Seperti meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa melewati ini semua sama seperti saat kamu menyelesaikan masalah masalah kamu yang terdahulu.

Empat Tips Agar Tidak Gampang Menyerah diatas bisa kamu praktekkan saat kamu dalam keadaan ingin menyerah, kamu juga bisa belajar lewat tayangan Riko The Series yang berjudul Pantang Menyerah. Kamu tidak perlu terlalu memaksakan diri. Kadang kalanya kamu boleh berhenti sejenak untuk berpikir dan membuat ancang ancang kedepannya. Kita harus ingat bahwa kita tidak harus memenangkan segala hal dalam hidup ini. Hasil bukan segalanya, namun dengan usaha kita bisa mengetahui lebih baik banyak hal, bahkan kita bisa lebih memahami hidup. Jadi jangan mudah menyerah. Semangat berusaha, dan syukuri segala sesuatunya ya.

Baca juga: Mengapa Hafalan Harus Diulang Terus Menerus?