Tips Hemat Listrik Ala Riko the Series

Tips Hemat Listrik Ala Riko the Series

Zaman sekarang, siapa sih yang gak pakai listrik. Mungkin jawabannya gak ada. Ya, karena listrik udah hampir jadi bagian hidup. Riko the Series sudah menjelaskan tentang sumber listrik di video Youtube, ditonton ya. Pernah kan ngerasain listrik mati? Rasanya hari jadi makin panjang. Yang biasanya bisa produktif, ketika listrik mati, banyak sekali hal yang tidak bisa dikerjakan atau yang biasanya bisa dikerjakan cepat ketika listrik mati pekerjaan jadi lama selesainya.

Wifi mati, baterai hp mati padahal ada orang yang kerjanya melalui hp. Masak harus lewat kompor, padahal biasanya tinggal operasiin Rice Cooker. Ada yang harus nyuci dengan tangan yang tentunya lebih capek dibanding dengan saat kondisi listrik hidup, karena biasanya baju kotor langsung diserahkan kepada ahlinya; si mesin cuci.

Banyak kasus sedih lainnya yang terjadi karena listrik mati. Sehingga, ketika listrik mati kita akhirnya menyadari bahwa listrik telah membantu banyak setiap proses kegiatan kita sebagai manusia dalam hidup ini.

Karenanya, ketika listrik hidup sudah seharusnya kita banyak banyak mengucap syukur. Dan rasa syukur itu tidak hanya dalam kata. Bentuk syukur lainnya dengan memanfaatkan listrik sebaik baiknya. Tidak menyia nyiakannya seperi menghidupkan listrik tapi tidak digunakan.

Karena nyatanya, penggunaan listrik yang berlebihan berdampak tidak baik untuk bumi kita tercinta. Pasti pernah mendengar istilah pemanasan global, bukan? Pemanasan global terjadi salah satunya karena pemakaian listrik yang besar. Nah, untuk menyelamatkan bumi kita, yuk hemat menggunakan listrik. Berikut merupakan tips hemat listrik:

1. Tidak Menggunakan Listrik Jika Tidak Perlu

Di pagi hari, cahaya matahari masuk kedalam ruang-ruang rumah. Tanpa listrik, ruang tetap terang. Saat seperti itu, matikan saja listriknya. Kemudian, jika memang tidak menonton TV, ya matikan TV nya. Kalau memang tidak butuh AC, ya matikan saja AC nya. Kalau sudah malam, sebaiknya matikan lampu dan hidupkan lampu LED untuk menjadi lampu tidur.

Kalau sudah selesai mengecas hp, jangan biarkan kabelnya tetap terpasang. Ambil hp dan juga beserta kabel kabelnya. Tidak hanya charger hp, tapi juga TV, Laptop, Dispenser dan lainnya. Jika memang udara tidak panas, tidak perlu hidupkan kipas. Karena kebiasaan, kadang kita lakukan padahal tidak butuh dan tidak perlu. Sebaiknya, gunakan alat listrik jika butuh.

Baca juga: Cerita Jordan, Pengisi Suara Animasi Riko The Series

2. Batasi Penggunaan Listrik

Jika berpergian, bisa kecilkan suhu kulkas hingga suhu yang paling kecil. Karena kulkas salah satu yang paling banyak konsumsi listrik. Kalau baju cucian tidak menumpuk, mending cuci pakai tangan. Kalau tidak perlu air hangat, lebih baik dispensernya tidak perlu dihidupkan.

Kalau masak nasi di Rice Cooker, pakai air hangat jika mau konsumsi listrik menjadi lebih kecil. Karena memasak nasi menggunakan air hangat mempercepat proses masak dan membatasi penggunaan listrik.

3. Menggunakan Sumber Alternatif

Selain listrik, kita bisa menggunakan sumber alternatif lainnya seperti panel surya. Panel surya, si pembangkit listrik tenaga alam ini mampu menghemat listrik berkali kali lipat. Karena dalam prosesnya, ia tidak butuh bahan bakar. Sehingga tidak perlu biaya tambahan dan juga tidak menghasilkan gas emisi.

Itu dia Tips Hemat Listrik yang bisa kita praktikkan. Semoga kita bisa menjadi bagian dari orang orang yang membuat bumi aman untuk penerus kita nanti. Jangan lupa untuk kabarkan informasi ini kepada keluarga agar tidak hanya kamu yang menjadi bagian, namun semua anggota keluarga ikut berpastisipasi.

Untuk orangtua yang mau mengajarkan anak untuk berhemat listrik dengan cara mengasyikkan, bisa ajak anak untuk menonton serial Riko The Series yang berjudul Yuk Hemat Listrik. Pemapaparannya bagus dan mudah dimengerti. Selamat berbagi ilmu positif ya.