Tips Hidup Sehat Ala Riko the Series

Tips Hidup Sehat Ala Riko the Series

Semakin hari, kita semakin sadar bahwa kesehatan adalah sesuatu yang begitu bernilai, berharga, yang tak akan bisa digantikan dengan apapun. Apalagi, kini dunia sedang berjuang melawan virus yang gampang sekali menyebar, tidak terlihat, dan sudah banyak sekali memakan korban. Karenanya, menjaga kesehatan sangatlah penting salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat tidak diterapkan hanya satu dua kali saja, atau ketika momen tertentu. Namun, dilakukan dengan konsisten. Memang kedengarannya sulit, apalagi jika pola hidup kita sebelumnya tidak sehat,  namun sebenarnya bisa diusahakan. Mengubah kebiasaan lama memang butuh waktu, tapi ketika sudah berkomitmen kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, yaitu nikmat sehat yang luar biasa membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Begini tips hidup sehat:

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan adalah kunci menerapkan gaya hidup sehat. Kita sering sekali memakan makanan atas dasar rasa makanannya enak dan mengenyangkan. Padahal aspek penting lain yang harus diperhatikan adalah makanannya sehat. Jadi , saat mau makan kita sudah memerhatikan makanan yang akan kita makan. Apakah sudah memenuhi prinsip gizi seimbang? Yang didalamnya tidak hanya mengandung karbohidrat namun juga serat, protein, dan juga lemak baik.

Selain memperhatikan asupan makanan, kita juga harus memperhatikan porsi makanan yang akan kita makan. Jangan kebanyakan apalagi terlalu sedikit. Makanlah dengan porsi yang sesuai. Nah, selain asupan dan porsi makanan perhatikan juga proses dari pengolahan makanan tersebut. Makannya sih sudah oke, makan kentang. Tapi diolahnya dengan cara digoreng, banyak minyak pula. Akan lebih baik pengolahan makanan dengan cara direbus maupun dikukus atau ditumis. Boleh makanan yang digoreng, tapi jangan kebanyakan ya.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengontrol berat badan kita. Apakah sudah ideal atau belum? Jika ternyata kelebihan berat badan atau kekurangan, kita bisa memakan makanan dengan gizi seimbang yang membantu kita menuju berat badan yang ideal. Misalnya jika berat badan berlebihan, kita bisa menghindari makanan yang kalorinya tinggi.

Baca juga: Tips Agar Tidak Gampang Marah

2. Berolahraga Dengan Teratur

Selain menjaga pola makan, juga jangan lupa untuk berolahraga. Tidak hanya saat mau aja, tapi dilakukan secara teratur. Berolahraga secara teratur itu banyak manfaatnya seperti meningkatkan kekuatan otot, daya tahan tubuh bahkan kesehatan jantung. Nah, buat yang jarang lari, ngerasa kan sekalinya lari langsung ngerasa capek banget dan ngos-ngosan? Kalau yang udah rutin, pasti deh ngerasa enak banget olahraganya, badan juga kerasa segernya.

Karenanya, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur ya. Tidak usah lama lama, lakukan semampuanya namun rutin. Misal setiap minggunya berolahraga 150 menitnya. Bisa dilakukan dalam tiga kali seminggu, empat kali seminggu, lima kali seminggu atau berapapun yang kita suka. Ingat, yang penting konsisten. Jenis olahraganya pun bisa dengan berjalan kaki, lari, main sepeda.

3. Tidur Yang Berkualitas

Pahamilah bahwa hidup tidak hanya tentang kerja dan kerja. Namun, juga menyeimbangkannya dengan beristirahat. Kita bisa membuat jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita berkerja, pagi hingga sore maka buatlah tidur yang lebih awal dan bangun yang awal pula. Orang dewasa biasanya butuh tujuh hingga Sembilan jam untuk tidur malam setiap harinya.

Nah, itu dia beberapa tips hidup sehat. Jangan lupa juga untuk mengelola stress dan minum air putih yang cukup. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga bisa meruntinkan untuk minum madu setiap harinya seperti yang dijelaskan dalam Animasi Riko The Series yang berudul Lawan Virus Dengan Madu. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kemudahan dalam beraktivitas.