Tips Agar Tidak Gampang Marah

Tips Agar Tidak Gampang Marah

Seringkali kita tidak bisa menahan amarah karena banyak hal. Misal saat anak tidak mau mendengar arahan yang kita berikan. Lantas sadar tidak sadar, intonasi suara kita makin tinggi, ekspresi wajah berubah menjadi sangar. Anak yang tadinya riang, menjadi murung, terlihat ketakutan dan sedih. Disaat itu, rasa penyesalan pun datang. Hingga bertanya tanya dalam hati, "Kenapa aku tadi harus bersikap begitu ya? Rasanya sedih melihat anak terpojokkan. Padahal kesalahannya kecil sekali, bisa diingati dengan cara yang baik."

Padahal kita semua tau marah itu tidak baik. Sebagai muslim kita juga tahu hadits yang menyatakan jangan marah maka bagimu syurga. Yang memiliki makna bahwa kita bisa mendapatkan kesempatan masuk syurga kalau bisa menahan amarah. Memang, mengendalikan amarah bukan perkara mudah. Namun hamba Allah yang bertakwa selalu senatiasa menahan hawa nafsunya, sehingga jarang sekali marah dan mampu menahan amarahnya karena Allah SWT.

Biasanya kalau sudah cinta gampang untuk melakukan sesuatu ya. Ketika kita mencintai Allah sepenuh hati, maka rasanya akan lebih mudah untuk mengendalikan amarah kita.

Orang yang bisa mengendalikan amarah ini adalah orang yang luar biasa. Bahkan, Rasulullah menyatakan bahwa orang yang kuat bukan orang yang menang dari suatu perkelahian tapi orang yang bisa menahan amarahnya. Wah luar biasa, ya.

Berikut ada beberapa tips agar tidak gampang marah:

1. Berdoa kepada Allah

Berdoa kepada Allah adalah kunci yang paling utama. Saat marah, langsung ingat Allah dan minta perlindungan padaNya. Misalnya berdoa "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutukā€. Karena rasa marah itu kan datangnya dari setan. Setan itu makhluk yang menyuruh manusia untuk terus berbuat keji dan melakukan hal hal buruk. Jadi, kita harus berdoa agar kita dilindungi Allah dari godaannya yang dahsyat.

Baca juga: Tips Membuat Anak Mandiri Sejak Kecil

2. Diam ketika hendak marah

Ketika amarah sedang bergejolak didalam dada, maka diamlah. Jangan berbicara,jangan mengambil keputusan. Kenapa diam? Agar kita bisa menahan diri dari bicara yang tidak baik yang mampu menyakiti lawan bicara yang menyebabkan amarah kita. Dan penting untuk tidak mengambil keputusan saat marah karena biasanya kalau sedang marah, kita tidak bisa berpikir panjang.

3. Menenangkan diri dengan berganti posisi dan berwudhu

Saat merasa kesal dan ingin marah, cobalah tenangkan diri dengan duduk atau berbaring. Tarik nafas pelan, sambil dalam hati berdoa dan berdzikir. Berusahalah tidak mengingat hal hal negatif. dan alangkah baiknya kita mengambil wudhu yang bisa menenangkan diri kita.

Itu dia tiga Tips Agar Tidak Gampang Marah. Butuh usaha untuk mengendalikan emosi kita termasuk rasa marah. Kadang, kita suka kebablasan. Kalau sudah begitu, segeralah beristigfar, memohon ampun kepadaNya.

Karena ketika kita sedang merasa marah kemudian tidak menahan diri. Maka ada banyak dampak buruk yang bisa kita dapatkan. Kita bisa belajar dampak buruk dari amarah lewat serial animasi anak yaitu Riko The Series yang berjudul jangan marah. Disana, kita bisa mendapatkan gambaran dampak buruk dari emosi marah. Untuk tau lebih lanjut, bisa ditonton di Youtube ya.

Nah, kalau sudah paham keutamaan menahan amarah dan dampak buruk dari marah itu sendiri, sudah siap berusaha lebih keras untuk menjadi pribadi yang tidak gampang marah?